Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

Grease Trap: Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya dalam Pengolahan Limbah

grease trap

Table of Contents

Lucky people apakah pernah lihat kotak segi empat yang berada dibawah kitchen sink atau bak cuci piring yang berada di rumah, restaurant atau apartemen? Sebuah kotak atau bak yang bisa Lucky people temukan di bawah kitchen sink disebut grease trap.

Apa itu Grease Trap

Apa itu Grease Trap

Pengertian Grease trap adalah perangkat yang dirancang menangkap, menahan lemak, minyak, dan partikel lainnya yang masuk ke dalam sistem pembuangan limbah. Grease trap terbuat dari bahan yang tahan terhadap bahan kimia dan memiliki desain yang memungkinkan pemisahan lemak dari air secara efektif.

Hal ini dilakukan dengan cara memperlambat aliran air, sehingga bahan-bahan ini dapat mengendap dan terpisah dari air. Grease trap biasanya terdiri dari dua bagian yaitu bagian inlet dan outlet. Bagian inlet digunakan untuk mengarahkan air limbah ke dalam grease trap, sedangkan bagian outlet digunakan untuk mengeluarkan air yang telah disaring dari bahan-bahan berbahaya.

Baca juga: 3 Fungsi Sumur Resapan pada Septic Tank

Fungsi Grease Trap 

Nah Lucky people sudah mengetahui kan apa itu grease trap, selain itu perlu di ketahui juga fungsi dari grease trap sebagai berikut:

1. Menyaring minyak dan lemak

mencegah agar air buangan yang mengandung lemak dan minyak tidak langsung masuk ke jalur perpipaan. Jika lemak dan minyak sampai menempel pada dinding pipa dapat menyebabkan sedimentasi yang membuat pipa tersumbat

2. Mencegah Penyumbatan Saluran Pembuangan

Grease trap akan menyaring sisa-sisa makanan sehingga tidak dapat masuk ke saluran pembuangan, sehingga dapat mencengah penyumbatan pada pipa rumah Anda

3. Mengurangi resiko bau tidak sedap

Dengan adanya grease trap dapat menghilangkan atau mengurangi bau yang tidak sedap pada kitchen sink atau bak cuci piring

Baca juga: 10 Cara Membuat Filter Air Limbah Rumah Tangga

Cara Kerja Grease Trap

Air cucian dari kitchen sink atau bak cuci piring akan mengalir masuk ke dalam grease trap melalui pipa inlet, namun lemak dan minyak yang berada di kandungan air tersebut akan naik ke permukaan air secara gravitasi karena berat jenis lemak dan minyak lebih ringan dari pada air. 

Air yang berada di bawah grease trap akan keluar melalui outlet pipa ke saluran pembuangan, sedangkan lemak dan minyak akan di saring oleh basket stariner yang berada di sekatan pertama dan masuk ke ruangan sekatan kedua.

Cara Menggunakan Grease Trap Dengan Efektif

Ada beberapa cara menggunakan grease trap yang benar agar kinerjanya efektif, berikut ulasannya.

1. Membersihkan Grease Trap secara berkala

Lucky people dapat membersihkan grease trap secara berkala setiap 3 bulan sekali, hal ini biasanya dilakukan oleh penyedia layanan grease trap

2. Menghindari Membuang Minyak dan Lemak ke Saluran

Hindari membuang terlalu banyak lemak dan minyak yang masuk ke dalam grease trap dalam waktu singkat, dan pastikan Lucky People tidak membuang bahan-bahan berbahaya ke dalam saluran pembuangan.

Baca juga: 5 Ciri-Ciri Air Bersih yang Aman Dikonsumsi Tubuh

3. Memahami kapasitas grease trap

Perhatikan juga dalam memilih kapasitas dan kegunaan grease trap, apabila digunakan untuk restaurant sebaiknya gunakan ukuran grease trap yang kapasitas besar, tetapi untuk di rumah dapar menggunakan ukuran yang kecil.

tandon air anti bakteri Lucky Polytank

Temukan Grease Trap Berkualitas di Lucky Polytank

Nah, dengan adanya grease trap tentunya akan mengurangi pencemaran air di lingkungan dan membuat saluran tidak bau. Grease trap memiliki ukuran yang berbeda – beda, tetapi Lucky Polytank merekomendasikan untuk rumah Anda grease trap ukuran 32 Liter dan adanya 2 warna yaitu pink dan biru.

Kunjungi Lucky Polytank untuk mendapatkan solusi terbaik untuk kebutuhan grease trap di rumah Anda.

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Picture of Lucky Polytank

Lucky Polytank

Lucky Polytank telah lama dikenal sebagai produsen terkemuka tangki air berkualitas di Indonesia. Dengan komitmen terhadap inovasi dan standar kualitas yang tinggi, Lucky Polytank terus menghadirkan solusi tangki air terbaik yang memenuhi kebutuhan rumah tangga dan komersial dengan sempurna.

Scroll to Top