Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

Cara Pasang Tandon Air Tanam yang Benar dengan Cor Semen

tangki-air-tanam

Table of Contents

Meskipun pemasangan tangki air pendam menggunakan dak/cor semen memerlukan biaya yang lebih besar, akan tetapi dapat membuat tangki tanam lebih tahan lama.

Memasang tangki pendam dengan cara ini dapat dilakukan di bawah area yang di atasnya diberi beban ataupun daerah yang tidak memungkinkan untuk pemasangan secara konvensional.

Cara Pemasangan Tangki Pendam yang Praktis

Cara Pemasangan Tangki Pendam yang Praktis

Ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk memasang tangki pendam dengan cor semen. Berikut penjelasannya:

1. Penggalian Lubang

Penggalian Lubang tangki pendam

Langkah pertama adalah persiapkan lubang galian bentuk persegi dengan ukuran kurang lebih 80 cm lebih besar dari diameter tangki. Dengan kedalaman kurang lebih 50 cm lebih tinggi dari bahu tangki.

Setelah lubangnya siap, lemudian bangun dinding bata dan cor semen di sekeliling tangki. Pastikan bangunan dak bersih dari air dan rata.

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Tandon Air Pendam

2. Peletakan Tangki Pendam

Peletakan Tangki Pendam

Langkah berikutnya adalah tangki tanam yang sudah dipersiapkan dimasukan ke dalam bangunan dak semen secara perlahan. Pastikan tangki berada di tengah. Kemudian isi tangki dengan air.

3. Menutup Lubang dengan Cor Semen

Menutup Lubang dengan Cor Semen

Tahap terakhir adalah penyelesaian. Pasang pipa inlet dan outlet, pipa ventilasi, pelampung/radar yang sudah sediakan. Kemudian tutup tangki tanam dengan rapat agar kotoran tidak masuk. Tutup dak cor semen.

Baca juga: Tips Memilih Lokasi Pemasangan Tangki Air Pendam

Tips dan Trik untuk Penggunaan Optimal Tandon Air Tanam

Untuk memastikan penggunaan optimal tandon air tanam, berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Lucky People  mengelola dan merawat tandon air dengan efektif:

  • Pemilihan Tandon yang Tepat 
  • Perencanaan Pengumpulan Air 
  • Filter dan Penyaring 
  • Pembersihan Secara Rutin 
  • Periksa Pompa dan Sistem Distribusi Secara Berkala 
  • Penggunaan Air Secara Bijaksana 
  • Edukasi Penghuni Rumah 

Untuk itu, dengan mengikuti cara pasang tandon air tanam, kamu telah mengambil langkah cerdas untuk memiliki sumber air yang mandiri dan berkelanjutan di rumah. 

tangki air Lucky Polytank

Tandon air tanam tidak hanya memberikan solusi praktis untuk ketersediaan air sehari-hari, tetapi juga cocok sebagai cadangan saat pasokan air PDAM terganggu. Bagi rumah yang mengandalkan air PDAM, tandon air tanam dapat berperan sebagai penopang penting ketika pasokan air umum bermasalah. 

Selain itu, tandon air tanam juga menjadi solusi efektif pada saat kemarau panjang. Dalam situasi ini, tangki tanam berfungsi sebagai penampung air hujan yang dapat dimanfaatkan ketika pasokan air berkurang drastis. Melalui pemasangan tandon air tanam, kamu tidak perlu khawatir kekurangan air untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. 

Dukung gaya hidup berkelanjutan dan pastikan untuk merawat tandon air tanam secara rutin agar tetap berfungsi optimal. Karena dengan begitu, kamu turut berkontribusi dalam menciptakan rumah yang lebih ramah lingkungan dan tangguh menghadapi perubahan cuaca serta krisis air.

Untuk mewujudkan langkah-langkah ini, Lucky Polytank hadir dengan berbagai pilihan tandon air tanam berkualitas dengan memiliki kaki penopang sebagai penunjang kestabilan tangki. Karena, dengan produk berkualitas dari Lucky Polytank, kamu dapat memastikan keberlanjutan pasokan air di rumah.

Oleh karena itu, mari dukung keberlanjutan sumber daya air dan ciptakan rumah yang lebih ramah lingkungan dengan memilih tandon air tanam dari Lucky Polytank.

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Scroll to Top