Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

8 Cara Mengatasi Pipa Air yang Tersumbat dan Faktor Penyebabnya

Cara Mengatasi Pipa Air yang Tersumbat

Table of Contents

Pipa air yang tersumbat bisa menjadi masalah serius di rumah tangga, mengganggu aktivitas sehari-hari dan berpotensi menimbulkan kerusakan yang lebih parah jika tidak segera diatasi. Penyumbatan pada pipa air dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti penumpukan kotoran, sisa makanan, rambut, atau benda asing lainnya. 

Untuk menjaga kelancaran aliran air, penting untuk mengetahui cara mengatasi pipa air tersumbat sehingga tidak berulang dan rumah tetap nyaman dan bersih.

Melalui pemahaman yang tepat mengenai langkah-langkah ini, kamu tidak hanya dapat mengatasi pipa air yang tersumbat secara cepat dan efisien, tetapi juga mencegah masalah serupa di masa mendatang. Oleh karena itu, untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak di bawah ini!

5 Penyebab Pipa Air Tersumbat

Untuk mengatasi masalah pipa air yang tersumbat dengan efektif, penting untuk memahami penyebab-penyebab utamanya. Berikut adalah beberapa penyebab umum pipa air tersumbat yang sering terjadi di rumah:

1. Penumpukan Sisa Makanan dan Minyak

Sisa makanan dan minyak yang dibuang ke dalam saluran pembuangan dapur dapat menumpuk dan mengeras di dalam pipa. Minyak yang dingin akan membeku dan menciptakan lapisan lengket yang menarik sisa makanan lainnya, sehingga secara bertahap menyebabkan penyumbatan.

2. Rambut yang Menumpuk

Di kamar mandi, rambut adalah salah satu penyebab utama pipa tersumbat. Rambut yang rontok saat mandi dapat berkumpul di saluran pembuangan dan, seiring waktu, membentuk gumpalan yang menghambat aliran air.

3. Benda Asing

Benda asing seperti mainan kecil, potongan sabun, atau produk kebersihan yang tidak larut dalam air sering kali terjebak di dalam pipa. Benda-benda ini dapat dengan mudah menyebabkan penyumbatan jika tidak segera diambil.

4. Penumpukan Endapan Mineral

Air yang mengandung kadar mineral tinggi, seperti kalsium dan magnesium, dapat meninggalkan endapan di dalam pipa seiring waktu. Endapan ini dapat menyempitkan diameter pipa dan menghambat aliran air, terutama pada pipa yang sudah tua.

5. Tisu dan Produk Kertas

Meskipun beberapa jenis tisu toilet dirancang untuk hancur dalam air, penggunaan berlebihan atau pembuangan produk kertas yang tidak mudah terurai, seperti tisu wajah atau pembalut wanita, dapat menyebabkan penyumbatan di sistem pembuangan.

Baca juga: 5 Cara Pemasangan Pipa Air Bersih yang Benar

8 Cara Mengatasi Pipa Air yang Tersumbat 

Mengatasi pipa air yang tersumbat memerlukan langkah-langkah yang tepat agar aliran air kembali lancar dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Berikut adalah tujuh cara efektif untuk mengatasi pipa air yang tersumbat:

1. Menggunakan Cairan Pembersih Pipa

Langkah pertama yang bisa dicoba adalah menggunakan cairan pembersih pipa yang bisa kamu beli di toko perlengkapan rumah. Pastikan untuk mengikuti instruksi pada kemasan produk. Biasanya, kamu perlu menuangkan cairan tersebut ke dalam pipa yang tersumbat dan membiarkannya bekerja selama beberapa jam atau semalaman.

2. Menggunakan Plunger

Plunger adalah alat yang efektif untuk mengatasi penyumbatan ringan. Alat ini menciptakan tekanan udara yang dapat mendorong sumbatan keluar dari pipa. Pastikan untuk menutup lubang saluran lainnya agar tekanan dapat terfokus pada area yang tersumbat.

3. Membersihkan Piringan Saringan atau Lubang Saluran Air

Untuk wastafel, bak cuci piring, atau bathtub yang dilengkapi dengan piringan saringan, buka piringan tersebut dan bersihkan kotoran serta rambut yang mungkin menyebabkannya tersumbat. Setelah itu, pasang kembali piringan saringan tersebut.

4. Menggunakan Alat Pembersih Pipa atau Kawat Lurus

Jika cairan pembersih tidak cukup efektif, kamu bisa mencoba menggunakan alat pembersih pipa atau kawat lurus. Masukkan alat tersebut ke dalam pipa dan coba untuk menghilangkan sumbatan dengan hati-hati agar tidak merusak pipa.

Baca juga: 3 Merk Pipa PVC Terbaik Beserta Ukurannya

5. Menggunakan Selang Air dengan Tekanan Tinggi

Selang pembersih dengan tekanan tinggi bisa menjadi solusi yang efektif. Sambungkan selang ini ke keran air dan masukkan ke dalam pipa yang tersumbat. Tekan tombol untuk mengeluarkan air bertekanan tinggi.

6. Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Cara alami dan efektif untuk membersihkan pipa yang tersumbat adalah dengan menggunakan campuran baking soda dan cuka. Mulailah dengan menuangkan sekitar setengah cangkir baking soda ke dalam pipa yang tersumbat, lalu tambahkan setengah cangkir cuka. Tutup lubang pipa dan biarkan campuran ini bekerja selama sekitar 30 menit hingga satu jam, kemudian bilas dengan air panas.

7. Membuka dan Membersihkan Pipa

Jika semua upaya sebelumnya gagal, kamu mungkin perlu membuka pipa. Pastikan untuk mematikan pasokan air sebelum melanjutkan. Lepaskan pipa dan bersihkan dengan hati-hati menggunakan kawat lurus atau alat pembersih pipa. Setelah pipa bersih, pasang kembali dengan rapat.

8. Memanggil Profesional

Jika semua metode di atas tidak berhasil atau jika kamu merasa tidak nyaman melakukannya sendiri, memanggil seorang profesional adalah langkah bijak. Tukang leding yang berpengalaman memiliki alat dan pengetahuan untuk mengatasi berbagai jenis sumbatan dengan aman dan efisien.

tandon air anti bakteri Lucky Polytank

Dari penjelasan mengenai cara mengatasi pipa air tersumbat di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat berbagai metode yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah ini, mulai dari cara-cara sederhana dan alami hingga penggunaan alat khusus dan bantuan profesional. Melalui pemahaman tentang berbagai metode ini, kamu dapat menangani pipa tersumbat dengan lebih efektif dan mencegah masalah yang sama di masa mendatang.

Untuk memastikan kelancaran aliran air dan menghindari masalah pipa tersumbat di masa mendatang, pertimbangkan untuk menggunakan pipa PVC air dari Lucky Polytank. Pipa PVC memiliki keunggulan utama dalam ketahanan terhadap karat dan korosi sehingga memastikan umur pakai yang lebih panjang dan menghemat biaya perawatan dalam jangka panjang.

Melalui keandalannya yang terbukti, pipa PVC dari Lucky Polytank menjadi pilihan ideal untuk berbagai kebutuhan, mulai dari rumah tangga hingga proyek infrastruktur besar. Jangan ragu untuk mengunjungi Lucky Polytank sekarang untuk menemukan solusi pipa air yang tahan lama dan andal!

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Picture of Lucky Polytank

Lucky Polytank

Lucky Polytank telah lama dikenal sebagai produsen terkemuka tangki air berkualitas di Indonesia. Dengan komitmen terhadap inovasi dan standar kualitas yang tinggi, Lucky Polytank terus menghadirkan solusi tangki air terbaik yang memenuhi kebutuhan rumah tangga dan komersial dengan sempurna.

Scroll to Top