Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

Cara Menghitung Kapasitas Tangki Air yang Sesuai Kebutuhan Rumah Tangga

Cara Menghitung Kapasitas Tangki Air

Table of Contents

Ingin membeli tangki air dan masih bingung berapa kapasitas yang sesuai kebutuhan sehari-hari untuk rumah tangga?. Dalam artikel ini, Lucky Polytank akan memberitahu kamu cara menghitung kapasitas tangki air menggunakan rumus hitung sederhana disertai contoh kasus.

Selain itu, artikel ini juga akan membahas apa saja manfaat yang kamu dapatkan ketika tahu menghitung kapasitas tangki. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara Menghitung Kapasitas Tangki Air Sesuai Kebutuhan di Rumah Tangga

Cara Menghitung Kapasitas Tangki Air Sesuai Kebutuhan di Rumah Tangga

1. Hitung Jumlah Orang yang Mengkonsumsi Air di Rumah Tangga

Pertama-tama, kamu perlu memastikan berapa jumlah anggota keluarga di rumah tanggamu yang menggunakan air bersih. Hal ini akan berpengaruh langsung pada kebutuhan air harian karena semakin banyak anggota keluarga, semakin besar pula kebutuhan air.

Selain itu, pertimbangkan apakah ada kebutuhan khusus di rumahmu, seperti kebutuhan akan air untuk kebun, kolam renang, atau hewan peliharaan. Semua kebutuhan ini harus dimasukkan dalam perhitungan.

2. Hitung Jumlah Kebutuhan Air per Orang

Setiap orang memiliki konsumsi air harian yang berbeda-beda. Rata-rata, seseorang memerlukan sekitar 50-100 liter air per hari untuk keperluan minum, mandi, mencuci tangan, dan keperluan lainnya. Adapun menurut standar Pergub DKI Jakarta no: 122/2005 bahwa kebutuhan air bersih tiap orang itu adalah 150-250 liter/penghuni/hari.

3. Gunakan Rumus Volume Tangki Air

Setelah kamu memiliki data-data tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan volume air. Untuk menghitung kapasitas tangki air, Lucky People perlu mengetahui volume tangki air dan kebutuhan air bersih di rumah. Berikut adalah rumus matematika sederhana untuk menghitung volume tangki air:

Volume Tangki Air Silinder= π x r2 x t

Dimana:

π = 3.14 atau 22/7

r = jari-jari x jari-jari

t =  tinggi tangki 

Misalnya, kamu ingin membeli tangki air untuk rumah tangga yang berbentuk tabung dengan jari-jari 1 meter dan tinggi 2 meter.. Berikut adalah cara menghitung volume tangki air: 

= 3.14 x 12 x 2

= 6.28 m3  

Jadi, kapasitas tangki air tersebut adalah 6280 liter.

Baca juga:  7 Kelebihan Tandon Air Tanam yang Patut Kamu Pertimbangkan

Apa Saja Manfaatnya Mengetahui Kapasitas Tangki Air untuk Rumah Tangga?

Mengetahui cara menentukan kapasitas tangki air dapat bermanfaat secara signifikan untuk rumah tangga. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya:

1. Optimalisasi Penggunaan Air

Dengan mengetahui kapasitas tangki air, rumah tangga dapat mengoptimalkan penggunaan air sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Hal ini membantu mencegah pemborosan air dan memastikan pemakaian air yang efisien.

Toren air Lucky Polytank

2. Perencanaan Ketersediaan Air

Pengetahuan tentang kapasitas tangki memungkinkan rumah tangga untuk merencanakan ketersediaan air dalam jangka waktu tertentu. Ini menjadi penting terutama di daerah-daerah yang mengalami masalah ketersediaan air atau memiliki pasokan air yang tidak stabil.

3. Pemilihan Tangki yang Tepat

Dengan mengetahui kapasitas yang dibutuhkan untuk rumah tangga, kamu dapat memilih tangki air yang sesuai dengan kebutuhan. Ini akan membantu menghindari pembelian tangki dengan ukuran terlalu besar atau terlalu kecil.

Baca juga:  Macam-Macam Tandon Air dan Harganya dari Lucky Polytank

Gunakan Wadah Penyimpanan Air dengan Tandon Air Anti Bakteri Lucky Polytank

tangki-seri-anti-bakteri

Memilih tangki air yang tepat untuk kebutuhan rumah tangga dapat membantu menghemat biaya dan memastikan pasokan air yang cukup. Sehingga kamu dapat memiliki sistem penyediaan air yang efisien dan andal.

Jika Lucky People membutuhkan tandon untuk penggunaan rumah tangga dengan jumlah keluarga yang tidak terlalu banyak, tandon harian standar dari Lucky Polytank adalah pilihan terbaik. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan pasokan air di rumah atau bisnismu dengan produk yang andal dan tepercaya ini.

Tunggu apalagi? Hubungi Minky sekarang juga atau kunjungi Lucky Polytank untuk mendapatkan tandon air sesuai kebutuhan kamu!

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Scroll to Top