Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Tangki Seri Anti Bakteri
Desember 6, 2023
< class="premium-post-ticker__post-title"> Pasang Tangki air Lucky
< class="premium-post-ticker__post-title"> Lucky Polytank Exhibition
< class="premium-post-ticker__post-title"> Renovasi Rumah Dinas TNI AD

Pelajari Cara Menghitung Kapasitas Tangki Air agar Tidak Salah Beli!

Ingin membeli tangki air untuk rumah? Ini adalah cara yang tepat untuk memastikan Lucky People membeli tangki air yang sesuai kebutuhan. Dalam artikel ini, Lucky Polytank akan memberitahu kamu cara menghitung kapasitas tangki air menggunakan rumus hitung sederhana dengan contoh kasus.

Selain itu, artikel ini juga akan membahas berbagai faktor yang harus dipertimbangkan dan tips merawatnya agar lebih awet dan tahan lama. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara Menghitung Kapasitas Tangki Air Sesuai Kebutuhan di Rumah

cara menghitung kapasitas tangki air

Tangki air adalah salah satu perangkat penting untuk menyimpan air untuk kebutuhan rumah tangga. Sebelum membeli tangki air, penting untuk memastikan bahwa kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan air di rumah Anda. Berikut adalah rumus matematika sederhana untuk menghitung kapasitas tangki air dan contoh kasus penghitungan kapasitas tangki air.

Tangki air adalah salah satu komponen vital dalam sistem pasokan air rumah tangga. Kapasitas tangki air yang tepat sangat penting agar kamu memiliki pasokan air yang mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Dalam bagian ini, Lucky People akan diajarkan cara menghitung kapasitas tangki air sesuai dengan kebutuhan rumah tangga kamu.

Pertama-tama, kamu perlu mengetahui beberapa faktor yang akan memengaruhi kebutuhan air di rumah kamu. Beberapa faktor tersebut adalah:

  • Jumlah Anggota Keluarga: Jumlah orang di rumah tanggamu akan berpengaruh langsung pada kebutuhan air harian. Semakin banyak anggota keluarga, semakin besar pula kebutuhan air.
  • Konsumsi Air per Orang: Setiap orang memiliki konsumsi air harian yang berbeda-beda. Rata-rata, seseorang memerlukan sekitar 50-100 liter air per hari untuk keperluan minum, mandi, mencuci tangan, dan keperluan lainnya.
  • Kebutuhan Khusus: Pertimbangkan apakah ada kebutuhan khusus di rumahmu, seperti kebutuhan akan air untuk kebun, kolam renang, atau hewan peliharaan. Semua kebutuhan ini harus dimasukkan dalam perhitungan.

Baca juga: 5 Tips Memilih Tandon Air yang Tepat

Setelah kamu memiliki data-data tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan. Untuk menghitung kapasitas tangki air, Lucky People perlu mengetahui volume tangki air dan kebutuhan air bersih di rumah. Berikut adalah rumus matematika sederhana untuk menghitung volume tangki air:

Volume Tangki Air Silinder= π x r2 x t

Dimana:

π = 3.14 atau 227

r = jari-jari tangki air ( ½ dari lebar tangki)

t =  tinggi tangki 

Misalnya, Anda ingin membeli tangki air untuk rumah Anda yang berbentuk tabung dengan jari-jari 1 meter dan tinggi 2 meter.. Berikut adalah cara menghitung volume tangki air: 

= 3.14 x 12 x 2

= 6.28 m3  

Jadi, kapasitas tangki air   tersebut adalah 6280 liter.

Baca juga:  Inilah 7 Kelebihan Tandon Air Tanam yang Patut Kamu Pertimbangkan

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum membeli Tangki Air

Sebelum membeli tangki air, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk memastikan bahwa tangki air yang dipilih sesuai dengan kebutuhan air di rumah Anda.

1. Lokasi Instalasi Tangki Air

Lokasi instalasi tangki air adalah faktor kunci yang perlu dipertimbangkan. Pastikan tempat yang dipilih mudah diakses untuk pengisian ulang dan pemeliharaan tangki air. Hindari tempat yang terlalu terpapar sinar matahari langsung, karena panas bisa mempengaruhi suhu air di dalam tangki.

2. Jumlah Air Bersih yang Dibutuhkan

Menentukan jumlah air bersih yang dibutuhkan oleh rumah tanggamu adalah langkah penting berikutnya. Ini bergantung pada jumlah anggota keluarga dan kebutuhan harian masing-masing individu. Hitunglah dengan cermat berapa liter air yang dibutuhkan per orang setiap hari untuk minum, mandi, mencuci tangan, dan keperluan lainnya. Selain itu, pertimbangkan juga kebutuhan khusus seperti air untuk kebun atau kolam renang.

3. Jenis Tangki Air yang Sesuai

Pilih jenis tangki air yang sesuai dengan kebutuhan air di rumah Anda. Ada beberapa jenis tangki air, seperti Tangki air fiberglass, Tangki air polyethylene, dan Tangki air stainless steel. Pastikan bahwa jenis tangki air yang dipilih sesuai dengan kebutuhan air di rumah Anda dan dapat bertahan lama.

Baca juga:  Macam-Macam Tandon Air dan Harganya dari Lucky Polytank

Tips Merawat Tangki Air

Setelah membeli tangki air, pastikan untuk merawatnya dengan baik untuk memastikan bahwa tangki air berfungsi dengan baik dan bertahan lama. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat tangki air:

1. Membersihkan Tangki Air Secara Berkala

Penumpukan kerak, endapan, atau kotoran di dalam tangki dapat mempengaruhi kualitas air yang dihasilkan. Untuk melakukan pembersihan, kosongkan tangki, cuci dengan air bersih dan detergen yang aman, lalu bilas hingga bersih. Terakhir, pastikan untuk menjalankan proses sterilisasi tangki dengan produk yang direkomendasikan.

2. Memeriksa Kondisi Tangki Air Secara Rutin

Periksa kondisi tangki air secara rutin untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan atau kebocoran di dalam tangki air. Pastikan untuk memperbaiki kerusakan atau kebocoran segera setelah ditemukan.

3. Mengganti Filter Air Secara Teratur

Mengganti filter air secara teratur adalah langkah penting jika tangki airmu dilengkapi dengan filter. Filter air berfungsi untuk menjaga kualitas air yang masuk ke tangki. Pastikan untuk mengikuti jadwal penggantian yang direkomendasikan oleh produsen tangki agar air yang dihasilkan tetap bersih dan sehat.

Baca juga: 6 Cara Membuat Air Tandon Mengalir Deras

Memilih tangki air yang tepat untuk kebutuhan rumah Anda dapat membantu menghemat biaya dan memastikan pasokan air yang cukup. Dari perhitungan kapasitas tangki air, mempertimbangkan faktor-faktor penting, dan merawat tangki air dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa tangki air Anda berfungsi dengan baik dan bertahan lama.

Jadi, kamu dapat memiliki sistem penyediaan air yang efisien dan andal. Jika Lucky People membutuhkan tandon untuk penggunaan rumah tangga dengan jumlah keluarga yang tidak terlalu banyak, tandon harian standar dari Lucky Polytank adalah pilihan terbaik. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan pasokan air di rumah atau bisnismu dengan  produk yang andal dan tepercaya ini. Jadi sekarang, kamu dapat selalu memastikan ketersediaan air yang stabil sepanjang waktu. Tunggu apalagi? Hubungi Minky sekarang juga atau kunjungi Lucky Polytank untuk mendapatkan tandon air sesuai kebutuhan kamu!

Artikel & Tips Lainnya

Simak Beginilah Cara Memasang Tandon Air Yang Tepat!
Apakah Lucky People yakin kalau air pasokan di rumah sudah pasti tercukupi? Jika tidak maka memasang...
Simak Cara Pasang Pelampung Toren Air Otomatis dengan Mudah
Apakah lucky people tahu bahwa toren membutuhkan pelampung untuk memastikan aliran air berjalan lancar...
Beginilah Cara Pasang Tandon Air Tanpa Pompa Agar Aliran Airnya Deras
Lucky People, apakah kamu sudah pernah mendengar tentang tandon air tanpa pompa? Ingin memasang tandon...
Inilah 5 Kelebihan Bio Septic Tank yang Dapat Kamu Pertimbangkan
Apakah lucky people pernah merasa terganggu dengan limbah kotor yang berasal dari rumah? Sekarang, kamu...
Simak 3 Cara Membersihkan Tandon Air Pendam yang Tepat
Apakah Lucky People pernah mendengar tentang tandon air pendam? Apa fungsinya dan bagaimana cara membersihkan...
Scroll to Top