Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

7 Kelebihan Bio Septic Tank yang Jarang Diketahui Orang

kelebihan bio septic tank

Table of Contents

Salah satu kelebihan bio septic tank dibandingkan septic tank konvensional adalah bio septic tank memiliki teknologi modern yang mampu mengurai limbah organik menjadi air yang lebih aman dan bersih. Karena kelebihannya ini, bio septik tank telah menjadi pilihan cerdas untuk rumah dan bisnis. 

Tentu tidak hanya itu, masih ada beragam kelebihan lainnya yang dapat kamu pertimbangkan untuk lingkungan rumah yang lebih sehat dan bersih. Berikut ulasan lengkapnya

Kelebihan Bio Septic Tank

Karena sistem kerjanya yang menggunakan media sarang (honeycomb) sebagai media penyaringan, manfaat yang diberikan oleh alat teknologi ini sangatlah banyak. Namun, nyatanya masih terdapat beberapa kelebihan lainnya dari bio septic tank yang tidak boleh dilewatkan. 

1. Biaya Instalasi yang Lebih Rendah

Harga bio septic tank lebih terjangkau dibandingkan dengan harga septic tank konvensional atau beberapa alat alternatif pengolah limbah lainnya.

Instalasinya biasanya tidak memerlukan perangkat tambahan, seperti pompa dan filter sehingga biaya yang dikeluarkan juga menjadi lebih rendah. 

2. Menghasilkan limbah Cair yang Lebih Bersih

Prinsip kerja bio septic tank yang mengolah limbah secara organik akan menghasilkan senyawa-senyawa yang lebih sederhana sehingga limbah menjadi air yang lebih bersih dan rendah zat padat.

Hasil akhir proses pengolahan dalam bio septic tank juga menunjukan sifat air yang tidak lagi mengandung patogen atau bakteri berbahaya. Hal ini membantu mengurangi kemungkinan penyakit jika limbah terpapar pada manusia atau hewan. 

3. Mengurangi Risiko Pencemaran Tanah dan Air

Kelebihan lainnya dari inovasi bio septic tank adalah mampu mengurangi risiko pencemaran air tanah dan air, Sistem bio septic tank mengurangi zat-zat berbahaya, seperti fosfor dan nitrogen yang dapat merusak ekosistem air dan menyebabkan pertumbuhan berlebihan alga jika limbah dilepaskan dalam jumlah besar.

Baca juga: 4 Penyebab Septic Tank Meledak dan Tips Pencegahannya

4. Penggunaan Air Limbah yang Dapat Didaur Ulang 

Air yang sudah diolah oleh bio septik tank dapat digunakan untuk irigasi pertanian atau keperluan non-portable lainnya, seperti menyiram taman atau mencuci kendaraan.

Dengan begitu, air tersebut dapat dimanfaatkan kembali secara efisien dan menjadi lebih ramah lingkungan karena bio septik tank dapat mengurangi jumlah air limbah yang harus dibuang ke saluran air atau lingkungan sekitar. 

5. Memiliki Daya Tampung yang Sesuai Kebutuhan

Bio septic tank dilengkapi dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan kamu, memastikan air dan limbah yang berlebih dapat langsung dialirkan ke selokan tanpa risiko melebihi daya tampungnya (overcapacity).

Selain itu, dengan bahan yang terbuat dari serat fiber tebal dan tahan lama, produk ini juga memiliki keunggulan anti bocor. Meskipun serat tersebut terpendam dalam tanah dalam jangka waktu yang panjang, tidak akan mengalami kebocoran, memberikan Anda kepercayaan tanpa kekhawatiran berlebih.

6. Relatif Tidak Berbau dan berwarna

Limbah dari bio septik tank umumnya memiliki sifat yang lebih bersih, tidak berbau menyengat, dan berwarna lebih terang dibandingkan dengan limbah mentah yang masuk ke dalam sistem.

Penting untuk dicatat bahwa, meskipun limbah dari bio septik tank dapat menjadi lebih bersih dan berbau lebih sedikit dibandingkan dengan limbah mentah, kebersihan dan bau limbah masih dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Oleh karena itu, pemeliharaan rutin dan pengoperasian yang benar diperlukan untuk memastikan sistem berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika ada kekhawatiran tentang kualitas limbah, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli pengolahan limbah atau penyedia jasa bio septik tank.

7. Proses Pemasangan mudah

Bio septik tank dirancang untuk pemasangan yang relatif mudah dibandingkan dengan sistem pengolahan limbah yang lebih kompleks dan konvensional.

Namun penting untuk mengikuti panduan pemasangan yang disediakan oleh produsen dan memastikan bahwa pemasangan sesuai dengan standar keselamatan dan peraturan setempat.

Baca juga: 7 Ciri Air Sumur Tercemar Septik Tank dan Solusinya

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memiliki Bio Septic tank

Memiliki bio septic tank di rumah bisa memberikan manfaat lingkungan yang besar, tetapi juga datang dengan tantangan tertentu. Beberapa tantangan yang mungkin Anda hadapi adalah:

1. Perawatan Rutin

Bio septic tank membutuhkan perawatan rutin agar tetap berfungsi dengan baik. Ini mungkin melibatkan penggunaan bakteri pengurai secara teratur dan pemantauan tingkat pengisian serta pemompaan secara berkala.

2. Biaya Perawatan

Biaya perawatan bio septic tank bisa menjadi lebih tinggi daripada sistem septik konvensional. Ini termasuk biaya pembelian bakteri pengurai dan pemeliharaan sistem secara keseluruhan.

3. Penggunaan Bahan Kimia yang Tepat

Anda harus memperhatikan penggunaan bahan kimia di rumah tangga, seperti pembersih toilet atau deterjen, karena beberapa bahan kimia dapat membunuh bakteri pengurai di dalam bio septic tank dan mengganggu proses penguraian limbah.

4. Perhatikan Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan, seperti suhu dan kelembaban, dapat memengaruhi kinerja bio septic tank. Lingkungan yang kurang kondusif bisa menghambat aktivitas bakteri pengurai.

5. Perlu Pemahaman yang Baik

Memiliki pemahaman yang baik tentang cara kerja bio septic tank penting untuk menjaga sistem tetap berjalan lancar. Ini melibatkan pemahaman tentang jenis bakteri yang diperlukan, frekuensi perawatan, dan tanda-tanda masalah potensial.

Baca juga: 4 Penyebab Septic Tank Bocor yang Jarang Diketahui dan Cara Pencegahannya

Jaga Lingkungan Kamu dari Pencemaran dengan Septic Tank Biofilter Lucky Polytank

Bio Septic Tank Lucky Polytank

Sistem bio septic tank adalah alternatif yang lebih ramah lingkungan dan ekonomis dibandingkan dengan septic tank konvensional untuk wadah penampungan kotoran atau limbah.

Bio Septic tank dapat mengurangi dampak negatif pada lingkungan, dengan menghasilkan limbah cair yang dapat digunakan ulang untuk kebutuhan non-portable dengan biaya yang terjangkau. 

Karena itu, Lucky people, pilihlah bio septic sebagai alternatif pengelolaan limbah cair rumah tangga yang lebih ramah lingkungan dan hemat biaya seperti di Lucky Polytank.

Lucky polytank adalah produsen bio septic terbaik yang dapat membantu lucky people dalam memilih dan memasang bio septic sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Lucky Polytank menyediakan berbagai pilihan bio septic dengan struktur yang kuat, media filtrasi yang aman, dan tentunya environment friendly sehingga sangat cocok bagi lucky people yang ingin meningkatkan kualitas air.

Kunjungi Lucky Polytank sekarang dan temukan bio septic berkualitas untuk rumah kamu!

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Scroll to Top