Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

Inilah 4 Penyebab Septic Tank Meledak dan Tips Pencegahannya

penyebab septic tank meledak

Table of Contents

Lucky people, apakah kamu pernah bertanya-tanya mengenai penyebab septic tank meledak? Meski jarang terjadi, meledaknya septic tank bisa menjadi masalah serius yang dapat memberikan dampak signifikan pada lingkungan dan kesehatan kamu. 

Sebagian besar orang mungkin tidak menyadari bahwa septic tank yang seharusnya berfungsi sebagai sistem pembuangan limbah yang aman dapat mengalami kegagalan yang menyebabkannya meledak. Kejadian seperti ini tentu dapat membawa konsekuensi berbahaya dan merugikan, terutama jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Oleh karena itu, mengetahui penyebab septic tank meledak akan memberikan lucky people pandangan jelas untuk mencegah hal ini terjadi kedepannya. 

Penyebab Septic Tank Meledak

Mencegah septic tank agar tidak meledak melibatkan beberapa tindakan pencegahan dan pemeliharaan rutin. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah septic tank meledak:

1. Overload Septic Tank

Overload terjadi ketika terlalu banyak limbah atau air masuk ke dalam septic tank lebih cepat daripada kemampuan mikroorganisme di dalam tank untuk mengurai limbah tersebut. Jumlah limbah yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan padatan, sehingga menyebabkan kurangnya ruang kosong di dalam tank. ‘

Tekanan yang meningkat di dalam tank dapat merusak struktur dan menyebabkan kebocoran atau bahkan kegagalan total. Jika limbah organik tidak diurai dengan benar, produksi gas seperti metana dan hidrogen sulfida akan meningkat sehingga menimbulkan risiko kebakaran atau ledakan.

2. Penggunaan Bahan Kimia Tidak Sesuai

Beberapa bahan kimia rumah tangga, seperti pembasmi serangga, pembersih toilet, atau pemutih, mengandung zat-zat kimia yang dapat membunuh bakteri dan mikroorganisme di dalam septic tank. 

Ini dapat mengganggu proses penguraian limbah. Seiring waktu, akumulasi bahan kimia berbahaya dapat mengakibatkan penumpukan padatan, penurunan efisiensi penguraian, dan produksi gas berbahaya. Penggunaan produk yang ramah lingkungan dan khusus untuk sistem septik sangat disarankan.

Baca juga: Kenali Ciri Air Sumur Tercemar Septic Tank dan Solusinya

3. Kurangnya Perawatan dan Inspeksi Berkala 

Septic tank memerlukan perawatan dan inspeksi rutin. Kurangnya perawatan dapat menyebabkan penumpukan limbah padat, mengakibatkan penutupan ruang di dalam tank dan peningkatan tekanan. Inspeksi yang kurang dapat menyebabkan ketidak deteksi masalah yang berkembang. Tanpa perawatan dan inspeksi yang tepat, septic tank dapat mengalami kerusakan struktural, kegagalan sistem, atau risiko ledakan.

4. Kegagalan Ventilasi 

Ventilasi septic tank berfungsi untuk mengeluarkan gas-gas yang dihasilkan selama penguraian limbah, seperti metana dan hidrogen sulfida. Jika ventilasi tidak berfungsi baik, gas-gas tersebut dapat menumpuk di dalam tank. 

Akumulasi gas berbahaya dapat menciptakan lingkungan yang sangat berisiko dan meningkatkan kemungkinan kebakaran atau ledakan. Oleh karena itu, sistem ventilasi yang baik sangat penting untuk menjaga keamanan septic tank.

Baca juga: 5 Ciri-Ciri Air Bersih yang Aman Dikonsumsi Tubuh

Cara Mencegah Septic Tank Meledak

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab septic tank meledak, Lucky people tentu perlu memastikan bahwa faktor tersebut dapat ditangani sebelum menjadi masalah. Berikut beberapa cara mencegah septic tank meledak: 

1. Rutin Memeriksa Kondisi Septic Tank

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi septic tank oleh profesional. Periksa apakah ada kebocoran, kerusakan struktural, atau tanda-tanda masalah lainnya. Pemeriksaan rutin dapat mendeteksi potensi masalah sebelum mereka menjadi serius, memungkinkan perbaikan dini dan mencegah risiko kegagalan sistem atau ledakan.

2. Menghindari Penggunaan Bahan Kimia yang Tidak Sesuai

Hindari membuang bahan kimia rumah tangga yang dapat merusak mikroorganisme dalam septic tank. Pilih produk pembersih dan bahan kebersihan yang ramah lingkungan dan dirancang khusus untuk digunakan pada sistem septik. Hindari penggunaan pembasmi serangga atau bahan kimia lainnya yang dapat membahayakan aktivitas mikroorganisme dalam tank.

3. Menghindari Overload Septic Tank 

Pengaturan penggunaan air dan limbah sangat penting untuk mencegah overload septic tank. Hindari membuang bahan-bahan yang sulit terurai ke dalam toilet, batasi penggunaan air yang berlebihan, dan pastikan peralatan seperti mesin cuci dan dishwasher tidak menyebabkan aliran air yang berlebihan ke dalam sistem. Rutin melakukan pembongkaran dan pembersihan septic tank juga membantu mencegah overload.

4. Menggunakan Ventilasi dengan Kondisi Baik

Pastikan sistem ventilasi septic tank berfungsi dengan baik karena sangat membantu dalam mengeluarkan gas-gas berbahaya yang dihasilkan selama penguraian limbah. Untuk itu, pastikan jalur ventilasi tidak tersumbat atau terhambat oleh material seperti tanah atau saluran pembuangan yang tidak benar.

Baca juga: 7 Cara Pemasangan Septic Tank Bio Filter yang Benar

Pemeriksaan rutin ventilasi dapat memastikan bahwa gas-gas berbahaya tidak menumpuk di dalam septic tank, mengurangi risiko kebakaran atau ledakan.

Dalam menjaga keberlanjutan sistem pembuangan limbah rumah tangga, pemahaman mendalam terhadap penyebab septic tank meledak sangatlah krusial. Perlu diingat dengan baik bahwa beberapa faktor cukup jarang diketahui, tetapi memiliki potensi serius untuk menyebabkan kegagalan septic tank. 

Toren air Lucky Polytank

Untuk mencegah potensi bencana ini, penting bagi lucky people untuk memastikan pemeliharaan septic tank yang tepat dan rutin. Lucky Polytank, sebagai penyedia solusi terkemuka untuk kebutuhan septic tank, dapat menjadi mitra yang andal dalam menjaga keberlanjutan sistem pembuangan limbah di tempat kamu. 

Produk septic tank unggulan dari Lucky Polytank tidak hanya didesain agar dapat bertahan lama, tetapi juga telah teruji kualitasnya dalam mencegah risiko ledakan septic tank. Bersama dengan Lucky Polytank, lucky people dapat yakin bahwa septic tank bekerja secara efisien dan aman.

Segera lakukan langkah-langkah terbaik untuk mencegah ledakan septic tank dengan produk berkualitas dari Lucky Polytank. Dengan begitu, kamu tidak hanya melindungi lingkungan sekitar tetapi juga memastikan keamanan dan keberlanjutan sistem pembuangan limbah rumah tangga. 

Jangan ragu untuk menghubungi Lucky Polytank sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik untuk kebutuhan septic tank kamu.

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Picture of Lucky Polytank

Lucky Polytank

Lucky Polytank telah lama dikenal sebagai produsen terkemuka tangki air berkualitas di Indonesia. Dengan komitmen terhadap inovasi dan standar kualitas yang tinggi, Lucky Polytank terus menghadirkan solusi tangki air terbaik yang memenuhi kebutuhan rumah tangga dan komersial dengan sempurna.

Scroll to Top