Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

5 Penyebab Septic Tank Bocor yang Perlu Diantisipasi

penyebab septic tank bocor

Table of Contents

Apakah septic tank kamu sedang mengalami kebocoran dan tidak tahu apa penyebab utamanya? Perlu dicatat bahwa Septic tank yang mengalami kebocoran dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti usia septic tank yang sudah tua, material yang digunakan tidak tahan terhadap korosi, atau akibat penumpukan limbah padat yang berlebihan. 

Jika septic tank mengalami kerusakan dan dibiarkan begitu saja, maka dapat menyebabkan pencemaran lingkungan di sekitar. Oleh karena penting untuk mengenali apa saja penyebabnya dan juga tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Apa saja itu? Yuk simak penjelasan lengkapnya pada uraian di bawah ini. 

Penyebab Septic Tank Bocor yang Perlu Diperhatikan

Kebocoran pada septic tank merupakan masalah serius yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Beberapa penyebab utama dari kerusakan pada septic tank perlu dipahami untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang efektif. Maka dari itu, penting bagi Lucky People memahami berbagai penyebabnya yang akan dijelaskan di bawah ini. 

1. Overload Septic Tank 

Overload septic tank merupakan kondisi ketika jumlah limbah cair yang masuk ke dalam septic tank melebihi kapasitas normalnya.

Kelebihan limbah ini menciptakan tekanan yang berlebihan pada dinding septic tank, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kebocoran struktural. 

Kondisi overload septic tank tidak hanya meningkatkan risiko kebocoran, tetapi juga dapat mengganggu kinerja sistem pengolahan limbah, mengurangi efisiensi pemisahan air bersih dari limbah cair, dan berpotensi mencemari lingkungan sekitar.

Salah satu solusi praktis yang dapat kamu pertimbangakan adalah dengan beralih ke Bio Septic Tank yang mana keunggulan utamanya adalah mampu mengurai air limbah menjadi air yang bersih dan aman terhadap lingkungan dan tanah di sekitar sehingga kondisi overload dapat terhindarkan.

2. Korosi

Penyebab sistem septik bocor adalah korosi, terutama pada septik tank yang terbuat dari bahan logam seperti besi atau baja. Paparan terus menerus terhadap air dan limbah yang mengandung bahan kimia dapat menyebabkan korosi pada dinding septik tank, yang akhirnya dapat mengakibatkan kebocoran.

Oleh karena itu penting menggunakan septik tank yang terbuat dari material yang tahan korosi, seperti plastik polietilen tinggi atau beton yang diaplikasikan dengan lapisan anti-korosi.

Baca juga: 4 Penyebab Septic Tank Meledak dan Tips Pencegahannya

3. Kerusakan pada Pipa Pembuangan

Kerusakan pada pipa di saluran pembuangan dapat menjadi penyebab lain dari kebocoran septic tank. Pipa yang mengalami kerusakan atau penyumbatan dapat menciptakan tekanan tambahan pada dinding septic tank

Akumulasi tekanan ini seiring waktu dapat menyebabkan keretakan atau kebocoran pada pipa. Oleh karena itu, pemeliharaan dan pemeriksaan rutin pada sistem pipa pembuangan sangat penting untuk mencegah risiko kerusakan.

4. Penggunaan Bahan Kimia Berlebihan

Penggunaan bahan kimia berlebihan, terutama dari pembersih toilet berbahan kimia, dapat menjadi faktor penyebab septic tank bocor. Bahan kimia ini dapat merusak bakteri-bakteri baik yang berperan dalam proses penguraian limbah cair di dalam septic tank. 

Penurunan jumlah bakteri ini dapat menghambat fungsi normal septic tank, meningkatkan risiko kebocoran, dan mengganggu kelancaran proses pengolahan limbah.

Oleh karena itu, penting untuk mengurangi penggunaan bahan kimia berlebihan, khususnya pembersih toilet yang mengandung bahan kimia.

5. Tidak Melakukan Perawatan Rutin

Tidak melakukan perawatan rutin pada septic tank, seperti pembersihan dan pemeriksaan berkala, dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kebocoran. Perawatan rutin sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kinerja optimal septic tank. 

Saat Lucky People melakukan perawatan secara teratur, kamu dapat mendeteksi potensi masalah lebih awal dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan sebelum kebocoran menjadi lebih serius.

Baca juga: Ciri Air Sumur Tercemar Septic Tank dan Solusinya

Gunakan Septic tank Bio Filter dari Lucky Polytank untuk Sistem Pembuangan yang Anti Bocor

Septic tank Bio Filter dari Lucky Polytank

Jika Lucky People berencana menggunakan septic tank, kamu bisa mencarinya di Lucky Polytank. Septic Tank Lucky Polytank terdapat 3 jenis yaitu Septic tank, Biofilter dan bio septic yang memiliki struktur tangguh dan tahan lama. 

Inovasi terkini dari Lucky Polytank hadir dalam bentuk teknologi media filtrasi pada Biofilter dan bio septic. Media filtrasi ini tidak hanya mendukung efisiensi pemurnian limbah, tetapi juga menjadikan produk ini sebagai pilihan efisien energi dan ramah lingkungan.

Jadi, tunggu apa lagi? Kunjungi Lucky Polytank sekarang juga dan dapatkan septic tank dengan performa yang andal untuk mendapatkan solusi sanitasi terbaik.

Semoga penyebab septic tank bocor di atas memberikan kamu pemahaman untuk lebih memperhatikan septic tank dan memeliharanya secara berkala.

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Picture of Lucky Polytank

Lucky Polytank

Lucky Polytank telah lama dikenal sebagai produsen terkemuka tangki air berkualitas di Indonesia. Dengan komitmen terhadap inovasi dan standar kualitas yang tinggi, Lucky Polytank terus menghadirkan solusi tangki air terbaik yang memenuhi kebutuhan rumah tangga dan komersial dengan sempurna.

Scroll to Top