Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

Mengenal Pentingnya Tangki Kimia untuk Perindustrian

Table of Contents

Setiap industri atau perusahaan yang berhubungan langsung dengan bahan kimia pasti membutuhkan yang namanya wadah penyimpanan bahan kimia. Pasalnya penggunaan bahan kimia ini memerlukan perhatian khusus dalam penyimpanannya, sehingga tangki khusus perlu dipersiapkan untuk tujuan penyimpanan yang aman dan terorganisir.

Lalu seperti apa itu tangki khusus untuk cairan kimia? kenapa Industri perlu menggunakannya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu Tangki Kimia?

Tangki kimia merupakan wadah yang berguna untuk menampung bahan-bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan. Seperti yang telah banyak diketahui bahwa bahan kimia sangat berbahaya apabila terpapar oleh manusia dan juga mahluk hidup lainnya jika tidak dikelola dan disimpan dengan baik.

Dengan adanya tangki ini maka senyawa kimia dapat ditampung di dalamnya agar tidak terpapar oleh manusia dan mahluk hidup lainnya disekitar. Tangki ini banyak digunakan oleh industri manufaktur atau pabrik juga rumah sakit, karena dalam kegiatan apapun yang berhubungan dengan bahan kimia tangki ini tidak boleh terlewatkan.

Selain itu, Tangki kimia ini dibuat khusus dengan material dan faktor yang telah diperhitungkan dengan matang agar tangki ini dapat digunakan dengan optimal. dengan begitu maka tangki ini bisa digunakan dengan aman.

Dengan kualitas yang baik maka tangki ini juga mempunyai harga yang sebanding dengan kualitasnya. Namun, sebelum Anda membelinya, Anda perlu mengetahui informasi penting seputar tangki yang berguna untuk wadah senyawa kimia tersebut, contohnya seperti jenis-jenisnya.

Baca juga: 6 Jenis Tangki Industri dan Fungsinya Masing-masing

Jenis-jenis Tangki Kimia

Ada beberapa jenis tangki kimia yang umum digunakan oleh dunia industri yang mana jenisnya ditentukan oleh tujuan penggunaannya. Apa sajakah itu?

1. Tangki Bertekanan

Tangki Bertekanan

Sesuai dengan namanya, fungsi dari tangki kimia jenis ini yaitu untuk menampung Zat atau senyawa kimia yang bertekanan tinggi. Biasanya tekanan tinggi dalam zat kimia ini berupa cairan atau fluida, zat yang termasuk dari golongan ini yang memiliki tekanan sekita 11 psi.

Tangki bertekanan ini untuk menampung senyawa kimi dengan tekanan tinggi tentu ada maksudnya, maksudnya adalah agar senyawa kimia yang bertekanan tinggi disimpan di tangki ini agar kualitasnya tetap terjaga. Jadi Anda tidak perlu memikirkan harganya yang mahal karena manfaatnya pun sangat penting.

2. Tangki Atmospheric

Tangki Atmospheric

Tangki ini adalah kebalikan dari tangki bertekanan, tangki ini dirancang khusus untuk zat kimia bertekanan rendah. Wujud dari zat kimia yang bertekanan rendah yaitu berbentuk minyak atau cairan (Fluida). Contohnya seperti obat-obatan atau bahan farmasi.

Namun, untuk masalah harga tangki kimia jenis ini mempunyai harga yang bervariasi di pasaran, tergantung dari spesifikasi dan juga materialnya.

3. Tangki Fiberglass

Tangki Fiberglass

Selain 2 jenis tangki kimia tersebut, ada tangki kimia fiberglass. Tangki ini merupakan media penyimpanan yang biasanya ditemukan di kawasan industri makanan atau tekstil, selain itu, tangki fiberglass ini banyak digunakan oleh industri kecil sampai menengah.

Berbeda dengan tangki-tangki lainnya yang terbuat dari bahan plastik, tangki kimia yang terbuat dari bahan fiberglass ini terbilang lebih aman dari terjadinya reaksi kimia berbahaya.

Karena apabila menggunakan plastik, maka bahan kimia yang ada di dalam tangki bisa bereaksi dengan cepat dan bisa menyebabkan tangki rusak.

Tangki fiberglass mempunyai keunggulan yaitu menggunakan material berbahan dasar resin dan material ini juga dapat disesuaikan dengan cairan atau liquid yang akan disimpan didalam tangki tersebut dan tangki ini pun dapat mencegah dengan korosi.

Baca juga: 5 Macam-Macam Tandon Air dan Harga Terbarunya

Alasan Industri Menggunakan Tangki Kimia

Sudah dijelaskan di atas bahwa tangki kimia ini dapat berguna bagi industri industri-industri yang menggunakan senyawa kimia atau zat kimia. Karena tangki ini berguna sebagai wadah untuk tempat penyimpanan Zat kimia agar kualitasnya tetap terjaga.

Namun, masih ada beberapa alasan penggunaan tangki kimia untuk industri yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa alasannya:

1. Menjaga Keamanan Bahan Kimia

Bahan seperti minyak atau cairan dan uap gas tentu tidak boleh diletakkan di sembarang tempat, karena bisa mengakibatkan risiko yang sangat besar.

Maka dari itu, tangki kimia mempunyai manfaat untuk menjaga bahan-bahan kimia industri agar tetap aman dan terhindar dari risiko kebakaran dan ledakan.

2. Menjaga Kualitas Bahan Kimia

Tangki kimia ini berguna untuk menjaga kualitas dari bahan kimia, jadi manfaat dari tangki ini bisa tahan terhadap bahan-bahan kimia yang bertekanan tinggi.

Dengan tangki kimia, kualitasnya akan tetap terjaga sehingga proses produksi industri dapat berjalan lancar. Jadi dengan menggunakan tangki ini merupakan pilihan tepat untuk menyimpan bahan kimia untuk industri.

3. Tahan Suhu Tinggi

Tangki ini dibuat dengan material khusus yang dapat berguna untuk menahan temperature atau suhu yang tinggi, dengan begitu tangki ini bisa tahan terhadap cuaca panas atau dingin dan juga tidak mudah pecah. Tangki kimia ini juga berbobot ringan, jadi bisa diletakkan di atas layaknya menara.

Itulah sekilas penjelasan tentang tangki kimia dan alasan kenapa industri perlu menggunakannya. Bagi kamu yang sedang mencari tangki kimia berkualitas, kamu bisa menggunakan tangki kimia dari Lucky Polytank.

Sebagai salah satu pilihan terbaik untuk tangki kimia modern, Tangki Kimia Lucky Polytank dapat memberikan perlindungan lebih bagi Lucky People.

Tangki kimia Lucky Polytank diproduksi menggunakan sistem rotamould dengan dinding berlapis. Dengan karakter yang istimewa tangki kimia Lucky Polytank memiliki bentuk bahu tangki yang mulus tanpa sambungan yang sudah mendapatkan hak paten.

Segera kunjungi Lucky Polytank sekarang juga dengan menghubungi kami di sini!

Info Produk Lengkap : DISINI

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Scroll to Top