Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

Apa Penyebab Septic Tank Meledak? Catat 8 Faktornya

apa penyebab septic tank meledak

Table of Contents

Septic tank yang meledak bisa menjadi ancaman serius bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Pada dasarnya, septic tank adalah sistem penyaringan limbah domestik yang umum digunakan di banyak rumah di seluruh dunia. 

Namun, kegagalan atau kecelakaan dalam pengelolaan dan pemeliharaan septic tank dapat mengakibatkan ledakan, yang bisa merusak properti dan bahkan menyebabkan cedera fisik. Jadi, apa penyebab septic tank meledak?

Salah satu faktor utama adalah penumpukan gas metana di dalam tangki. Jika gas ini tidak cukup ventilasi atau terperangkap dalam ruang yang terbatas, tekanan gas yang terus meningkat dapat menyebabkan ledakan. 

Selain itu, penggunaan bahan kimia yang tidak sesuai dalam sistem septic tank, seperti penggunaan bahan pembersih yang mengandung klorin. Untuk mengetahui penyebab selengkapnya, simak di bawah ini!

Baca juga: Ukuran Tandon Air untuk Rumah Tangga dan Cara Menghitungnya

Apa Penyebab Septic Tank Meledak?

Penyebab meledaknya septic tank bisa bervariasi, berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan septic tank meledak:

1. Penumpukan Gas Metana 

Gas metana adalah produk dari proses dekomposisi limbah organik di dalam septic tank. Ketika limbah diuraikan oleh bakteri anaerobik, gas metana dilepaskan sebagai hasil sampingan. Biasanya, gas ini dapat keluar melalui ventilasi yang ada di dalam sistem, tetapi jika ventilasi tidak memadai atau terhalang, gas metana bisa terjebak di dalam tangki.

Dengan waktu, akumulasi gas ini dapat menciptakan tekanan yang cukup tinggi untuk menyebabkan ledakan jika terjadi percikan api atau sumber panas lainnya di sekitar septic tank.

2. Kurangnya Ventilasi 

Sistem ventilasi yang buruk dalam septic tank dapat menjadi masalah serius. Ventilasi yang tidak memadai menghambat keluarnya gas metana dari tangki, sehingga meningkatkan kemungkinan penumpukan gas yang berpotensi meledak.

3. Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya 

Beberapa produk pembersih rumah tangga mengandung bahan kimia yang bisa berinteraksi dengan komponen dalam septic tank dan menghasilkan gas berbahaya. Misalnya, klorin yang sering kali ditemukan dalam pemutih rumah tangga dapat bereaksi dengan materi organik di dalam tangki, menghasilkan senyawa beracun seperti kloroform. Reaksi kimia semacam ini dapat merusak keseimbangan ekologi dalam septic tank dan meningkatkan risiko ledakan.

4. Kerusakan Struktur Septic Tank 

Retakan atau kebocoran pada dinding atau tutup septic tank bisa menjadi masalah serius. Selain mengakibatkan kebocoran limbah yang dapat mencemari tanah dan air tanah, kerusakan struktural juga dapat mengganggu fungsi ventilasi, memungkinkan gas metana untuk terjebak di dalam tangki dan meningkatkan risiko ledakan.

Baca juga: 5 Cara Membuat Tower Tandon Air yang Sederhana

5. Pembuangan Bahan yang Tidak Tepat

Pembuangan bahan-bahan yang tidak tepat ke dalam septic tank adalah salah satu penyebab umum masalah pada sistem tersebut. Contohnya adalah tisu, pembalut, kain, atau plastik. Ketika bahan-bahan ini dibuang ke dalam septic tank, mereka tidak dapat terurai dengan baik oleh bakteri dalam sistem. Seiring waktu, mereka dapat menumpuk dan menyumbat saluran, mengganggu aliran limbah dan menghambat proses dekomposisi secara keseluruhan.

6. Ukuran Septic Tank Tidak Tepat

Salah satu faktor yang sering diabaikan namun berpotensi menyebabkan masalah adalah ukuran septic tank yang tidak tepat. Ketika memilih atau merencanakan ukuran septic tank, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan limbah rumah tangga yang akan dihasilkan oleh jumlah penghuni rumah. Ukuran yang terlalu kecil untuk kebutuhan rumah tangga dapat menyebabkan septic tank terlalu cepat penuh, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan penumpukan limbah yang tidak sehat dan berpotensi menyebabkan ledakan.

7. Kebakaran

Api atau panas berlebih dari kebakaran yang terjadi di dekat septic tank dapat menciptakan kondisi yang mendukung ledakan. Gas metana yang terperangkap di dalam tangki dapat terbakar atau meledak jika terpapar api.

8. Kurangnya Pemeliharaan

Pemeliharaan yang tidak teratur atau kurangnya perhatian terhadap septic tank dapat menyebabkan berbagai masalah yang meningkatkan risiko ledakan. Pengosongan teratur dan pemeriksaan sistem secara berkala adalah langkah-langkah penting dalam mencegah akumulasi limbah yang berlebihan dan penumpukan gas yang berpotensi berbahaya.

Baca juga:  7 Kelebihan Tandon Air Tanam yang Patut Kamu Pertimbangkan

Faktor-Faktor Lingkungan yang Mempengaruhi Kinerja Septic Tank

Septic tank adalah bagian penting dari sistem pembuangan air limbah rumah tangga. Namun, ada beberapa faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi kinerja septic tank dan bahkan menyebabkan meledaknya tank tersebut.

1. Kepadatan Tanah dan Drainase

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi kinerja septic tank adalah kepadatan tanah di sekitarnya. Tanah yang terlalu padat atau tanah liat dapat menghambat proses penyerapan air limbah, sehingga mempengaruhi kinerja septic tank. Drainase yang buruk juga dapat menyebabkan air limbah menjadi terjebak di sekitar tank, meningkatkan risiko meledaknya tank.

2. Curah Hujan yang Tinggi

Curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan genangan air di sekitar septic tank. Hal ini dapat mengganggu proses penguraian limbah dan meningkatkan tekanan pada dinding tank, yang pada akhirnya dapat menyebabkan tank meledak.

3. Perubahan Iklim

Perubahan iklim juga dapat berdampak pada kinerja septic tank. Perubahan suhu yang ekstrem dapat mempengaruhi proses penguraian limbah di dalam tank, sementara banjir akibat perubahan pola hujan dapat menyebabkan tank terlalu terbebani dan berpotensi meledak.

Dari penjelasan mengenai apa penyebab septic tank meledak, dapat disimpulkan bahwa meledaknya septic tank dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Oleh karena itu, penting untuk memahami dan mengidentifikasi penyebab-penyebab tersebut serta mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk menjaga keamanan dan kinerja optimal dari sistem septic tank.

tangki air berkualitas dari lucky polytank

Untuk mencegah risiko meledaknya septic tank dan menjaga kinerjanya secara optimal, penting untuk memilih sistem septic tank yang tepat. Lucky Polytank menawarkan bio septic tank berkualitas tinggi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan lingkungan. Dibangun dengan struktur yang kokoh dan tahan lama, produk septic tank dari Lucky Polytank menawarkan keandalan yang tak tertandingi.

Dirancang dengan menggunakan bahan berkualitas tinggi, septic tank ini mampu menghadapi berbagai kondisi lingkungan, memberikan kepastian akan ketahanan yang luar biasa. Temukan solusi terbaik untuk pengelolaan limbah rumah tangga kamu dengan mengunjungi Lucky Polytank sekarang!

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Picture of Lucky Polytank

Lucky Polytank

Lucky Polytank telah lama dikenal sebagai produsen terkemuka tangki air berkualitas di Indonesia. Dengan komitmen terhadap inovasi dan standar kualitas yang tinggi, Lucky Polytank terus menghadirkan solusi tangki air terbaik yang memenuhi kebutuhan rumah tangga dan komersial dengan sempurna.

Scroll to Top