Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

5 Cara Membuat Tower Tandon Air dari Awal hingga Selesai

cara membuat tower tandon air

Table of Contents

Jika atap rumah kamu kurang memungkinkan menaruh tandon air, maka membuat tower tandon air menjadi pilihan yang tepat. Lalu bagaimana cara membuat tower tandon air? Apa saja alat dan bahan yang diperlukan dan berapa estimasi biaya yang dibutuhkan? Kami akan menjawabnya melalui ulasan artikel berikut ini.

Cara Membuat Tower Tandon Air yang Kuat

Cara Membuat Tower Tandon Air yang Kokoh

Proses ini melibatkan beberapa tahapan yang harus diikuti dengan cermat agar tower tandon air yang kamu bangun berfungsi dengan baik dan aman. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Persiapan Awal – Tentukan Lokasi Tower

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah pemilihan lokasi yang tepat untuk menara toren air. Pilihlah lokasi yang stabil, datar, dan memiliki akses yang mudah untuk pengiriman material dan peralatan.

Setelah menentukan lokasi, lakukan penggalian lubang yang sesuai dengan ukuran pondasi tower. Fondasi yang kuat sangat penting untuk menjaga stabilitas tower tandon air selama bertahun-tahun.

2. Pemilihan Tangki Air sesuai Kebutuhan

Setelah menentukan lokasi, berikutnya adalah memilih tandon air sesuai kebutuhan kamu. Ini penting sebab akan menentukan seberapa luas pondasi dan alas tower yang akan dibangun.

Misalnya, jika kamu ingin menggunakan tandon air berkapasitas 5000 liter dari Lucky Polytank yang mana memiliki ukuran tinggi 2320 mm dan lebar diameter 1810 mm, maka luas lantai menara minimal adalah 225 cm X 225 cm.

3. Proses Pembuatan Tower

Selanjutnya, bangunlah struktur tower sesuai dengan kapasitas yang diinginkan. Untuk bagian alas di mana tandon air diletakkan, umumnya menggunakan model rangka kotak yang terbuat dari sambungan besi yang dilas. Sedangkan rangka tiangnya harus lebih lebar dibandingkan rangka kotak di atasnya. Hal ini dilakukan agar tiang dapat menopang berat tower dan tandon air.

Lalu berapa ketinggian menara tandon air yang diperlukan? Untuk rumah 1 lantai, kamu cukup mematok tinggi 6 M, sedangkan untuk rumah 2 lantai ketinggian tower air adalah 12 M. Intinya, semakin tinggi menara air maka tekanan air yang dialirkan semakin deras dan jangkauannya semakin jauh.

4. Pemasangan Pipa dan Kran

Setelah pendirian tower selesai, selanjutnya adalah menghubungkan pipa-pipa yang mengalirkan air dari tangki ke sistem distribusi atau ke rumahmu. Pastikan pipa-pipa ini dipasang dengan benar dan memiliki kualitas yang baik untuk menghindari kebocoran.

Pemasangan kran atau katup kontrol juga penting agar kamu dapat mengatur tingkat kecepatan aliran air sesuai kebutuhan. Ini memungkinkan kamu untuk menghentikan atau mengalirkan air dari tangki tandon sesuai kebutuhan.

5. Pengecekan Kebocoran

Setelah semua tahapan selesai, lakukan pemeriksaan teliti untuk mendeteksi kemungkinan kebocoran pada tower tandon air. Pastikan tidak ada retakan atau lubang yang dapat menyebabkan kebocoran air. Jika ada kebocoran yang terdeteksi, segera perbaiki dengan material yang sesuai.

Baca juga: Cara Pasang Tandon Air Tanpa Pompa Agar Alirannya Deras

Bahan dan Alat untuk Membuat Tower Tandon Air

Sebelum memulai proyek pembuatan tower tandon air, kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki semua bahan dan alat yang diperlukan. Bahan dan alat ini akan menjadi komponen utama dalam pembuatan tower tandon air.

Sebagai perbandingan, berikut adalah daftar alat dan bahan yang umumnya dibutuhkan untuk memasang tangki air berkapasitas 500 liter:

1. Bahan

  • Tangki air
  • Pipa PVC
  • Kran
  • 5 Batang Besi siku berukuran 40 cm x 40 cm
  • 4 batang besi siku berukuran 30 x 30 cm
  • Pasir
  • Batu bata/ Batu potong
  • Cat anti karat

2. Alat

  • Gergaji besi
  • Bor
  • Tang potong
  • Obeng
  • Palu
  • Waterpass
  • Penggaris
  • Kuas
  • Kawat las elektroda

Baca juga:  Inilah 7 Kelebihan Tandon Air Tanam yang Patut Kamu Pertimbangkan

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pemasangan Menara Toren Air

Sebelum kamu memutuskan untuk memasang tower tandon air di rumah atau tempat usahamu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Pastikan Lokasi Pemasangan Tower Tangki Air Aman dan Stabil.

Pertimbangkan faktor-faktor seperti kestabilan tanah, jauhnya dari area yang rawan longsor atau banjir, dan jangan lupa untuk mempertimbangkan aksesibilitas untuk pemeliharaan dan perbaikan.

Jadi pastikan bahwa tanah di sekitar area pemasangan cukup kuat untuk menahan beban tower tandon air, terutama ketika tangki penuh.

2. Pastikan Dasar Tower Tangki Air Kuat dan Stabil.

Keamanan dan stabilitas tower tandon air sangat tergantung pada kekuatan dasar tempatnya berdiri. Pastikan bahwa dasar yang digunakan cukup kuat untuk menopang beban penuh tangki air. Bahan dasar yang umum digunakan melibatkan konstruksi beton atau platform logam yang kokoh.

3. Pastikan Ukuran Tower Tandon Air Sesuai dengan Kebutuhan Air Bersih.

Menentukan ukuran tower tandon air yang sesuai dengan kebutuhan air bersih merupakan faktor krusial. Ukuran ini dapat dipengaruhi oleh jumlah penghuni, frekuensi penggunaan air, dan kebutuhan harian.

Jadi pastikan untuk menghitung kapasitas yang memadai agar tidak kekurangan air khusus pada momen-momen khusus penggunaan yang banyak.

Baca juga: Cara Menghitung Kapasitas Tangki Air Sesuai Kebutuhan di Rumah

Tips Perawatan Menara Tandon Air

Perawatan yang teratur dan tepat waktu terhadap menara tandon air sangat penting untuk memastikan kualitas air yang baik, mencegah kerusakan, dan memperpanjang umur menara. Berikut adalah beberapa tips perawatan untuk menara tandon air:

1. Bersihkan dan Debu

Bersihkan menara air secara berkala dari debu, kotoran, dan endapan yang mungkin terakumulasi di bagian luar dan dalam menara. Pastikan bahwa penutupnya selalu rapat dan aman.

2. Pengecekan Kebocoran

Periksa secara rutin apakah ada tanda-tanda kebocoran di sekitar tangki atau pipa. Kebocoran dapat menyebabkan pemborosan air dan merusak struktur menara.

3. Uji Kekencangan

Lakukan uji kekencangan secara berkala untuk memastikan bahwa menara tandon air tidak memiliki kebocoran dan dapat menahan tekanan air yang dihasilkan.

Baca juga: Cara Pasang Pelampung Toren Otomatis dengan Mudah

4. Pembersihan dan Desinfeksi

Bersihkan dan desinfeksi menara air secara teratur. Ini membantu menghindari pertumbuhan bakteri, alga, atau mikroorganisme lain yang dapat mengkontaminasi air.

5. Periksa Katup dan Fitting

Periksa katup pengisian, pembuangan, dan fitting lainnya secara berkala untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kebocoran.

tangki air Lucky Polytank

Dengan melakukan perawatan yang teratur dan mematuhi prosedur pencegahan, Lucky People dapat menjaga kualitas air, mencegah kerusakan, dan memperpanjang umur menara tandon air. Selain itu, tower tandon air juga dapat menghemat biaya pengeluaran air bersih dari PDAM atau perusahaan air lainnya.

Untuk mendapatkan tandon air yang berkualitas dan terpercaya, kami merekomendasikan tandon anti bakteri dari Lucky Polytank. Produk yang satu ini dirancang dengan teknologi terkini untuk menjaga kebersihan air dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tangki air sehingga dapat dipastikan pasokan air kamu bukan hanya cukup saja tetapi juga bersih. 

Bersama Lucky Polytank, kamu dapat memastikan air yang aman untuk berbagai keperluan, baik di tingkat rumah tangga maupun bisnis. Jangan ragu untuk menghubungi Minky sekarang dan temukan solusi terbaik untuk pasokan air Lucky People hanya di Lucky Polytank!

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Scroll to Top