Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

7 Cara Mengatasi Pipa Air Tersumbat Tanpa Ribet dan Efektif

cara mengatasi pipa air tersumbat

Table of Contents

Pipa air tersumbat bisa menjadi masalah yang mengganggu aktivitas, baik di rumah, di kantor, atau di gedung lainnya. Apabila tidak segera ditangani maka lantai bisa tergenang air dan menghentikan seluruh pekerjaan sehari-hari. Namun jangan khawatir! Ada beberapa cara cara mengatasi pipa air tersumbat yang praktis untuk dilakukan. Langsung simak selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Umum Pipa Air Tersumbat

Sebelum masuk ke dalam cara-cara mengatasi pipa air yang tersumbat, penting untuk memahami penyebab umum di balik masalah ini. Dengan memahami penyebabnya, kamu dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat sehingga pipa air tidak akan tersumbat. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Akumulasi Tinja dan Sisa Makanan

Salah satu penyebab umum dari pipa air yang tersumbat adalah akumulasi tinja dan sisa makanan. Ketika sisa-sisa ini masuk ke dalam saluran pembuangan, mereka dapat menumpuk dan menyumbat pipa sehingga menghambat aliran air secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk membuang sisa makanan ke tempat sampah dengan benar dan memastikan agar tidak masuk ke dalam sistem saluran pembuangan.

Baca juga: 5 Perbedaan Pipa PVC dan UPVC yang Sering Dikira Sama

2. Penumpukan Rambut

Pipa-pipa wastafel dan bathtub juga sering kali tersumbat karena penumpukan rambut. Ketika rambut terjebak di dalam saluran pembuangan maka aliran air dapat tersumbat dan menyebabkan genangan air yang tidak diinginkan. Untuk menghindari masalah ini, gunakan penyaring rambut di wastafel dan bathtub untuk menangkap rambut sebelum mereka masuk ke dalam saluran pembuangan.

3. Penggunaan Tisu Basah atau Pembalut

Tisu basah dan pembalut juga tidak boleh dibuang ke dalam toilet karena mereka tidak larut dalam air dengan cepat. Ketika dibuang ke dalam toilet, kedua benda tersebut cenderung menumpuk dan menyumbat saluran pembuangan sehingga menyebabkan masalah pipa air tersumbat. Pastikan untuk membuang tisu basah dan pembalut ke tempat sampah biasa.

4. Penggunaan Minyak dalam Memasak

Perlu kamu pahami bahwa minyak bekas dari proses memasak dapat membeku di dalam pipa-pipa dan menyebabkan penumpukan lemak yang dapat menyumbat aliran air. Hindari membuang minyak bekas ke dalam wastafel atau toilet. Sebagai gantinya, buanglah minyak bekas ke dalam wadah tertutup dan buanglah ke tempat sampah.

5. Penumpukan Kerak Sabun

Kerak sabun yang menempel di dalam pipa-pipa dapat menjadi penyebab tersumbatnya aliran air. Hal ini terutama sering terjadi di sekitar area wastafel dan bathtub. Untuk menghindari masalah ini, bersihkan secara teratur area sekitar wastafel dan bathtub agar tak ada penumpukan kerak sabun.

6. Penyumbatan Akibat Tanaman

Saluran pembuangan yang tertutup oleh akar tanaman juga dapat menyebabkan tersumbatnya pipa air. Akar-akar tanaman yang tumbuh di sekitar saluran pembuangan bisa masuk ke dalam pipa dan menyebabkan penyumbatan. Pastikan untuk merawat tanaman di sekitar saluran pembuangan dengan baik atau jika perlu, lakukan pemangkasan secara berkala.

Baca juga: 10 Contoh Kreasi dari Bahan Pipa yang Sangat Inspiratif

Cara-Cara Mengatasi Pipa Air Tersumbat

Setelah mengetahui penyebab umum dari pipa air tersumbat, sekarang saatnya untuk membahas cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Tersumbatnya pipa air bisa menjadi masalah yang mengganggu, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, kamu dapat mengatasinya dengan efektif dan tanpa harus memanggil bantuan profesional. Berikut adalah beberapa metode yang bisa kamu coba:

1. Menggunakan Pembersih Pipa

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk mengatasi pipa air tersumbat ialah dengan menggunakan pembersih pipa yang dapat dibeli di toko-toko peralatan rumah tangga. Pembersih pipa ini mengandung bahan kimia khusus yang dapat melarutkan sisa-sisa yang menyumbat pipa sehingga memungkinkan aliran air kembali lancar.

2. Menggunakan Alat Pembersih Pipa

Jika penyumbatan pipa cukup parah, kamu kemungkinan besar memerlukan penggunaan alat pembersih pipa seperti snake atau plunger. Snake mengacu pada alat panjang dan fleksibel yang dimasukkan ke dalam pipa untuk menghilangkan penyumbatan, sedangkan plunger digunakan untuk menciptakan tekanan udara yang kuat untuk membersihkan saluran pembuangan.

3. Mencoba Teknik Air Panas dan Soda Kue

Metode ini melibatkan kombinasi air panas dan soda kue untuk mengatasi pipa air yang tersumbat. Soda kue dapat membantu melonggarkan sisa-sisa yang menyumbat pipa, sedangkan air panas dapat membantu mempercepat proses pelarutan.

Baca juga: 4 Perbedaan Pipa PVC dan Conduit yang Perlu Diketahui

4. Menggunakan Campuran Cuka dan Soda Kue

Campuran cuka dan soda kue juga dapat menjadi solusi untuk pipa air yang tersumbat. Campuran ini akan membentuk reaksi kimia yang dapat melarutkan sisa-sisa yang menyumbat pipa sehingga memungkinkan aliran air kembali lancar.

5. Mencoba Teknik Alami dengan Air Panas

Jika kamu ingin menghindari penggunaan bahan kimia, mencoba teknik alami dengan air panas bisa menjadi pilihan yang baik. Tuangkan air panas ke dalam saluran pembuangan secara perlahan untuk membantu melonggarkan sisa-sisa yang menyumbat pipa.

6. Menggantinya dengan Pipa yang Baru

Apabila ternyata penyumbatan pipa terjadi dan mengakibatkan masalah yang lebih besar seperti kerusakan pipa itu sendiri, maka tak ada salahnya untuk mengganti pipa dengan yang baru. Penggantian pipa dengan yang lebih berkualitas jelas akan membantu memperpanjang usia pemakaiannya. 

Kamu pun jadi tak perlu melakukan penggantian dalam waktu dekat. Jika bingung harus memilih pipa, Lucky Polytank menyediakan pipa PVC berkualitas yang bisa dipesan dengan mudah secara online. Coba kunjungi website Lucky Polytank untuk mengetahui informasinya lebih lanjut. 

7. Memanggil Tukang Ledeng Profesional

Jika semua cara di atas gagal atau jika kamu tidak yakin untuk melakukannya sendiri, memanggil tukang ledeng profesional adalah langkah terakhir yang bisa diambil. Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang diperlukan untuk mengatasi masalah pipa air tersumbat dengan cepat dan efektif.

Baca juga: 3 Merk Pipa PVC Terbaik Beserta Ukurannya yang Sesuai Kebutuhanmu

Setelah mengetahui beberapa penyebab umum dari pipa air yang tersumbat dan cara mengatasinya, sekarang kamu memiliki pengetahuan yang lebih baik untuk menghadapi masalah ini, bukan? Ingatlah untuk selalu melakukan perawatan serta pencegahan untuk menghindari kebiasaan yang dapat menyebabkan penyumbatan pipa. 

Namun, jika kamu mengalami masalah pipa air tersumbat yang sulit diatasi sendiri, jangan ragu untuk memanggil tukang ledeng profesional. Kemudian jangan ragu untuk mengunjungi Lucky Polytank jika kamu membutuhkan pipa PVC berkualitas. 

Selain untuk mengganti pipa yang sudah rusak, kamu bisa memesan sejumlah besar pipa dari Lucky Polytank untuk keperluan proyek pembangunan. Dengan produk berkualitas dari Lucky Polytank, kamu dapat memiliki jaminan kualitas dan keandalan sehingga proyek pembangunan berjalan lancar. Jadi tunggu apa lagi? Kunjungi Lucky Polytank sekarang juga!

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Picture of Lucky Polytank

Lucky Polytank

Lucky Polytank telah lama dikenal sebagai produsen terkemuka tangki air berkualitas di Indonesia. Dengan komitmen terhadap inovasi dan standar kualitas yang tinggi, Lucky Polytank terus menghadirkan solusi tangki air terbaik yang memenuhi kebutuhan rumah tangga dan komersial dengan sempurna.

Scroll to Top