Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

4 Penyebab Tangki Air Bocor dan Tips Pencegahannya

penyebab tangki air bocor

Table of Contents

Pernahkah Anda merasa frustrasi karena tangki air di rumah bocor tiba-tiba? Kebocoran tangki air bisa menjadi masalah besar, mengganggu pasokan air dan berpotensi merusak properti. Untuk mencegah hal ini terjadi, penting bagi kita memahami penyebab tangki air bocor dan cara mencegahnya. Mengetahui faktor-faktor yang memicu kebocoran dapat membantu Anda mengambil langkah-langkah pencegahan yang efektif. Mari kita bahas lebih lanjut tentang penyebab umum kebocoran tangki air dan bagaimana cara menghindarinya.

Penyebab Tangki Air Bocor

Kira-kira apa saja yang menyebabkan tangki air mudah bocor? Berikut penyebab tangki air bocor:

1. Faktor alam dan biologis

Pergantian cuaca secara ekstrim bisa menyebabkan kebocoran pada tangki air, hal ini termasuk faktor alam yang tidak bisa dihindari. Saat cuaca panas atau kemarau panjang, tangki air akan rentan mengalami kebocoran.

2. Faktor zat kimia

Penggunaan cat yang tidak sesuai dengan bahan tangki air akan menyebabkan kebocoran pada tangki air. Pencampuran cat dengan thinner yang tidak tepat akan mengikis permukaan tangki air. Nah, kamu bisa memilih lapisan pelindung tangki yang tepat sehingga tidak membuat kebocoran.

3. Masa pakai tangki air

Tangki air yang sudah dipakai bertahun-tahun akan merusak rantai polimer pada tangki berbahan plastik. Rusaknya polimer tangki air disebabkan karena terlalu lama terpapar sinar UV dan perubahan cuaca yang ekstrim. Untuk itu, sangat penting memilih tangki air yang memiliki lapisan anti sinar UV

4. Pemasangan tangki yang kurang tepat

Pemasangan tangki air yang tidak sesuai atau tidak rata dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada tangki air dan menyebabkan pengikisan pada lapisan bawah tangki air. Oleh sebab itu, anda hindari pemasangan tangki air dengan posisi menggantung, miring, celah pada pondasi yang terlalu lebar dan pada alas yang tajam atau berbatu.

Baca juga: Rekomendasi Ukuran Tandon Air untuk Rumah Tangga

Tips Mencegah Tangki Air tidak Mudah Bocor

Setelah mengetahui beberap faktor yang menyebabkan tangki air mengalami kebocoran, berikut ini beberap langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan:

1. Melakukan perawatan rutin

Tidak hanya itu, melakukan perawatan tangki air dengan rutin bisa meminimalisir kemungkinan kebocoran. Tangki air yang rutin dibersihkan akan mencegah tumbuhnya lumut dan karat. Lumut dan karat perlahan dapat mengikis permukaan tangki air dari dalam sehingga memicu kebocoran.

2. Membilas tangki air

Salah satu caranya adalah melakukan bilas tangki air, untuk menghilangkan penumpukan sedimen dan mencegah korosi yang menyebabkan kebocoran. Sebelum membilas tangki dapat mengosok tangki menggunakan spons yang lembut lalu bilas tangki dapat menggunakan air bersih agar kotoran yang berada di dinding terangkat.

3. Memberikan perlindungan tangki tambahan

Perhatikan penempatan tangki air dengan meletakan di dataran yang rata, di tempat tinggi dan apabila tangki tersebut menghadap sinar matahari, cobalah untuk berikan penutup atau atap di atas toren untuk menghalangi sinar matahari mengenai dinding toren air.

tandon air anti bakteri Lucky Polytank

Pemakaian tangki air pada umumnya dapat bertahan sampai puluhan tahun walaupun terkena sinar matahari. Tetapi ada juga tangki air yang hanya bertahan 5-6 tahun, hal ini disebabkan karena kualitas tangki air yang buruk.

Baca juga: Cara Menghitung Kapasitas Tangki Air

Dalam memilih tangki air, Anda wajib memperhatikan kualitas tangki air dan bahan baku yang bagus. Untuk itu, pertimbangkan untuk menggunakan tangki air anti bakteri dari Lucky Polytank. Produk ini dirancang khusus untuk menjaga kebersihan air dengan teknologi mutakhir yang dapat mengurangi risiko kontaminasi bakteri. yang dijamin kualitasnya, sudah memiliki 5 lapisan sehingga lebih tebal dan mempunyai garansi dijamin pabrik hingga 12 tahun

Dengan memilih tangki air anti bakteri dari Lucky Polytank, kamu tidak hanya berinvestasi dalam kualitas air yang lebih baik, tetapi juga turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Kunjungi Lucky Polytank sekarang untuk informasi lebih lanjut dan lindungi kesehatan kamu serta keluarga dengan solusi penyimpanan air yang tepercaya!

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Scroll to Top