Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

7 Manfaat Air Bersih Bagi Manusia dan Tips Menjaga Kualitasnya

manfaat air bersih bagi manusia

Table of Contents

Manfaat air bersih bagi manusia sangatlah banyak mulai dari menjaga kadar cairan dalam tubuh manusia hingga mencegah penyakit kulit. Maka tak heran dikatakan bahwa air bersih bukan hanya sekadar kebutuhan dasar, melainkan juga fondasi bagi kehidupan yang sehat dan berkelanjutan.

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa manusia rata-rata bisa bertahan hidup tanpa makanan selama tiga hari atau lebih, tapi manusia tidak akan bertahan hidup tanpa air maksimal tiga hari.

Dalam artikel ini, Lucky Polytank akan membagikan informasi mengenai berbagai manfaat air bersih bagi kehidupan manusia serta cara menyimpan air bersih yang tepat. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Air Bersih Bagi Tubuh Manusia

cara menjaga kualitas air

Seperti yang telah diketahui bersama, air bersih menjadi salah satu sumber daya tak tergantikan yang dibutuhkan manusia. Bukan hanya dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi, masih ada banyak manfaat air bersih bagi manusia yang perlu Lucky People ketahui. Langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini:

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Air minum yang bersih adalah elemen kunci dalam menjaga kesehatan tubuh dan juga pendukung kehidupan sehari-hari. Tubuh manusia terdiri sebagian besar dari air, dan kita memerlukan pasokan air yang cukup setiap hari untuk menjaga fungsi organ tubuh yang optimal. 

Konsumsi air yang cukup juga penting untuk menghindari dehidrasi, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Oleh karena itu, pastikan Anda mendapat asupan cairan yang cukup dengan minum air bersih setidaknya 1,5-2 liter per hari, tergantung berat badan.

2. Mencegah Penyakit Kulit

Air bersih juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Kulit manusia memerlukan kelembaban yang cukup untuk tetap sehat dan terhindar dari masalah kulit seperti kekeringan, iritasi, atau infeksi. 

Saat memastikan pasokan sumber air bersih yang cukup, kamu dapat mencegah kulit dari penyakit yang mengganggu kenyamanan tubuh.

Pasalnya, mengonsumsi air bersih dapat membantu membersihkan kotoran dan bakteri pada kulit yang dapat menyebabkan munculnya kuman serta bakteri penyebab penyakit.

3. Mengatur Suhu Tubuh

Ketika tubuh terkena panas, seperti saat beraktivitas fisik, air melalui keringat membantu menurunkan suhu tubuh dan mencegah overheating. Sebaliknya, pada saat suhu lingkungan dingin, air membantu mempertahankan suhu tubuh dengan menjaga peredaran darah ke organ-organ vital.

4. Pelarut Nutrisi

Air berfungsi sebagai pelarut universal di dalam tubuh, yang memungkinkan nutrisi dan zat-zat penting untuk larut dan disalurkan ke seluruh tubuh, mendukung proses vital seperti pencernaan, penyerapan nutrisi, dan transportasi zat-zat ke sel-sel.

5. Menghilangkan Racun

Air membantu dalam pembuangan sisa-sisa metabolisme dan racun dari tubuh melalui urin dan keringat. Dengan meminum cukup air, kita dapat menjaga agar ginjal berfungsi optimal dalam menyaring darah dan menjaga keseimbangan cairan serta elektrolit dalam tubuh.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Air Bersih Rumah

Tips Menjaga Kualitas Air agar Tetap Bersih

Menjaga kualitas air di lingkungan rumah dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana yang dapat membantu mencegah pencemaran dan memastikan pasokan air bersih. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk menjaga kualitas air di rumah:

1. Rawat Septik Tank dan Saluran Air

Pastikan septik tank atau sistem pengolahan limbah lainnya berfungsi dengan baik. Lakukan pemeliharaan rutin dan hindari pembuangan bahan-bahan berbahaya ke dalam sistem.

Kemudian pastikan juga saluran air dan selokan di sekitar rumah tetap bersih dari sampah dan tumpukan sedimen. Ini membantu mencegah tersumbatnya saluran air.

2. Kelola Sampah Secara Tepat

Buang sampah pada tempatnya dan hindari membuang sampah, terutama yang berbahaya, ke dalam saluran air atau toilet.

Selain itu, pisahkan limbah rumah tangga menjadi kategori yang sesuai, seperti organik dan non-organik. Daur ulang bahan yang bisa didaur ulang.

3. Gunakan Produk Pembersih yang Ramah Lingkungan

Pilih produk pembersih rumah tangga yang ramah lingkungan. Beberapa produk mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mencemari air.

Jika memiliki kebun atau taman, gunakan pupuk secara bijak dan sesuai petunjuk dosis. Hindari penggunaan pupuk kimia berlebihan yang dapat mencemari air.

Baca juga: 7 Cara Menghemat Air Bersih yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

Cara Menyimpan Air Bersih Menggunakan Tangki Air

Setelah menyadari betapa pentingnya air bersih bagi manusia, penting juga untuk mengetahui cara menyimpan air bersih dengan benar menggunakan tangki air agar kebersihan air tetap terjaga. Berikut ini adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan:

1. Pilih Tangki Air yang Tepat, Baik Ukuran maupun Bahannya

Pemilihan tangki air yang tepat sangat penting. Pastikan tangki air yang kamu pilih memiliki kapasitas yang memadai sesuai dengan kebutuhan rumah tanggamu. Selain itu, perhatikan juga bahan tangki air. Tangki air biasanya terbuat dari plastik atau logam. 

Pastikan bahan tangki air aman dan tidak akan mengkontaminasi air yang disimpan di dalamnya. Sebab itu, untuk memastikan bahwa pasokan air di rumah ataupun di bangunan komersial lainnya tetap bersih, Lucky People bisa menggunakan tangki air dari Lucky Polytank.

tangki air Lucky Polytank

2. Bersihkan Tangki Air Secara Berkala

Membersihkan tangki air secara berkala adalah langkah penting dalam menjaga kualitas air yang disimpan di dalamnya. Debu, kotoran, dan bakteri dapat mengendap di dalam tangki air seiring berjalannya waktu.

Pastikan untuk membersihkan tangki air setidaknya dua kali setahun. Gunakan alat pembersih yang sesuai dan pastikan tidak ada residu pembersih yang tersisa di dalam tangki.

3. Letakkan Tangki Air di Tempat yang Tepat

Tempatkan tangki air di lokasi yang aman dan bersih. Hindari meletakkan tangki air di dekat tempat-tempat yang berpotensi mencemari air, seperti tempat sampah atau saluran pembuangan.

Cek bahwa peletakkan tangki air aman dan tidak terkena sinar matahari secara langsung, karena panas dapat memengaruhi kualitas air di dalamnya. Bila perlu, tempatkan tangki air di tempat yang terlindungi dari elemen-elemen eksternal.

Baca juga: Tips Memilih Tandon Air yang Tepat untuk Kebutuhan Air Anda di Rumah

Gunakan Tandon Air Anti Bakteri Lucky Polytank untuk Memenuhi Kebutuhan Air Bersihmu

tangki-seri-anti-bakteri

Untuk memastikan kualitas air yang kita konsumsi tetap terjaga, adalah krusial untuk menyimpan air bersih dengan benar menggunakan tangki air.

Bukan hanya itu saja, berinvestasi dalam tangki penyimpanan air bersih yang baik juga dapat memastikan ketersediaan air bersih yang berkelanjutan untuk generasi-generasi mendatang.

Oleh karena itu, guna memastikan pasokan air bersih selalu tersedia dalam kualitas terbaik, penting bagi kamu memiliki tangki air terbaik. Dalam hal ini, Lucky Polytank adalah pilihan yang tepat untuk kebutuhan penyimpanan air bersih yang aman dan tentunya berkualitas. 

Melalui tangki air terbaik dari Lucky Polytank, kamu dapat memastikan pasokan air yang bersih dan aman untuk keperluan rumah tangga, industri, atau bisnis kamu.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjaga kualitas air bersih yang kamu butuhkan, dan kunjungi Lucky Polytank atau hubungi kami sekarang untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk tangki air terbaik. 

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Scroll to Top