Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

10 Cara Menghemat Air Bersih dengan Mudah Dilakukan Mandiri

cara menghemat air bersih

Table of Contents

Menghemat air bersih di rumah penting dilakukan karena air adalah sumber daya yang terbatas dan penting untuk keberlangsungan hidup manusia serta ekosistem.

Beberapa manfaatnya adalah kita dapat menjaga ketersediaan air untuk generasi mendatang, mengurangi biaya energi yang digunakan untuk memproses, mengalirkan, dan memompa air bersih, serta mengurangi dampak gas rumah kaca yang dihasilkan dari produksi energi yang diperlukan untuk memproses air.

Lantas seperti cara menghemat air bersih yang mudah?. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari menggunakan tangki air hingga membuat jadwal mencuci. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak pembahasan lengkap di bawah ini. 

Cara Menghemat Air Bersih di Rumah

Cara Menghitung Kebutuhan Air Bersih di Rumah Tangga

Yuk simak cara menghemat air bersih di rumah berikut ini. 

1. Mencuci Pakaian dalam Jumlah Banyak

Jika kamu terbiasa mencuci baju setiap hari, pertimbangkan untuk mengubah kebiasaan ini dengan memberikan jarak waktu, misalnya, mencuci baju dua hingga tiga hari sekali.

Melalui cara ini, kamu tidak hanya akan menghemat air, tetapi juga energi yang digunakan oleh mesin cuci. Praktik ini membantu mengurangi jejak lingkungan dan memotong biaya listrik.

2. Buat Jadwal Menyiram Tanaman dan Mencuci Kendaraan

Ketika kamu sedang menyiram tanaman atau mencuci kendaraan, perhatikan penggunaan airmu. Gunakan semprotan selang yang dapat dimatikan, sehingga air tidak keluar terus menerus.

Selain itu, penting untuk membuat jadwal rutin untuk aktivitas seperti menyiram tanaman dan mencuci kendaraan. Dengan ini, kamu pun bisa menjadi lebih efisien dalam menggunakan air dan mencegah pemborosan yang tidak perlu.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Air Bersih yang Aman Dikonsumsi Tubuh

3. Menggunakan Kembali Air Bekas Cucian

Air bekas cucian merupakan sumber air yang dapat digunakan kembali untuk berbagai keperluan. Kamu dapat memanfaatkannya untuk menyiram toilet, membersihkan halaman, atau mencuci kendaraan.

Untuk menggunakan kembali air bekas cucian dengan efektif, pertama-tama pastikan air tersebut aman untuk digunakan, misalnya dengan menggunakan deterjen yang ramah lingkungan atau bebas bahan kimia berbahaya.

Kemudian, tempatkan wadah atau tong khusus untuk menampung air bekas cucian dan pastikan untuk menyaringnya terlebih dahulu jika terdapat sisa-sisa kotoran atau bahan lain yang tidak diinginkan.

4. Memperbaiki Kerusakan Pipa dan Kran

perbaiki Kerusakan Pipa dan Kran

Pipa dan kran yang bocor adalah sumber pemborosan air yang signifikan. Oleh karena itu, penting untuk secara berkala memeriksa apakah ada kerusakan pada sistem pipa dan kran di rumahmu.

Jika kamu menemukan kebocoran, segera perbaiki. Kamu pun bisa menghemat air yang terbuang percuma dan mencegah kerugian finansial akibat tagihan air yang tinggi.

Selain itu, sebagai bentuk pencegahan, pastikan untuk menggunakan pipa air berkualitas seperti pipa PVC. Jenis pipa ini dikenal memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap karat dan korosi sehingga memberikan solusi hemat biaya dalam jangka panjang.

5. Menggunakan Toilet dan Shower yang Efisien

Toilet dengan sistem dual flush dan shower dengan aliran air rendah (lowflow) adalah pilihan yang efisien dalam mengurangi konsumsi air. 

Toilet dual flush memungkinkanmu untuk memilih volume air yang diperlukan tergantung pada jenis limbah yang harus dibuang, sementara shower lowflow mengurangi aliran air tanpa mengurangi kenyamanan. 

Jika kamu memasang perangkat seperti ini, kamu bisa mengurangi penggunaan air bersih dengan tetap merasa nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Air Bersih Rumah

6. Menggunakan Mesin Cuci dan Mesin Pencuci Piring yang Efisien

Memanfaatkan kapasitas maksimal pada mesin cuci dan mesin pencuci piring adalah tindakan cerdas untuk mengurangi penggunaan air dan energi. Pastikan untuk mengisi mesin cuci dan mesin pencuci piring hingga penuh sebelum mengoperasikannya. Tindakan ini bukan hanya mengurangi konsumsi air, tetapi juga mengurangi penggunaan energi selama proses pencucian.

7. Menampung Air Hujan

penampung air hujan

Air hujan juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga, seperti menyiram tanaman dan mencuci kendaraan. Caranya cukup dengan menyediakan tong air besar atau bak penampungan air hujan.

Kemudian pasang saringan di saluran air hujan untuk menghilangkan kotoran, dedaunan, atau bahan lain yang tidak diinginkan dari air hujan sebelum disimpan.

Jika sudah terisi, jangan lupa pasang penutup atau tutup pada tangki air hujan untuk mencegah kontaminasi dari serangga, debu, dan kotoran lainnya yang dapat mengotori air hujan.

8. Manfaatkan Filter Air di Rumah

Memanfaatkan filter air merupakan salah satu cara menghemat air untuk kamu yang biasa membeli galon. Dengan alat ini, kamu bisa memanfaatkan air dari keran untuk minum sehari-hari.

Filter air dapat menghilangkan kotoran, partikel, bau, dan rasa yang tidak diinginkan dari air, sehingga memberikan air yang lebih segar dan lebih enak untuk diminum.

Bahkan beberapa filter air telah dilengkapi dengan teknologi khusus untuk menghilangkan zat-zat berbahaya seperti klorin, logam berat, pestisida, dan bahan kimia lainnya dari air.

Ini membantu mengurangi risiko terpapar oleh zat-zat berbahaya tersebut dan meningkatkan kesehatan Anda dan keluarga.

Baca juga: 10 Cara Membuat Filter Air Limbah Rumah Tangga Dengan Mudah

9. Mematikan Keran Saat Menyikat Gigi

Kebayakan orang menggosok gigi dengan posisi keran terbuka. Jangan biarkan semua air mengalir sia-sia saat kamu menyikat gigi. Buka dan matikan keran air seperlunya saja sebagai salah cara yang mudah hemat air.

10. Menggunakan Tangki Air

Memasang tangki air menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghemat air bersih dan mengurangi pengeluaran rumah tangga. Penggunaan tangki air juga bisa membantu mengurangi beban pada sumber air yang terbatas dan mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari pengambilan dan pengiriman air bersih.

Menghemat air bersih di rumah sangat penting untuk menjaga sumber daya air yang terbatas dan mengurangi pengeluaran rumah tangga. Memasang tangki air adalah salah satu cara yang efektif untuk menghemat air bersih dan mengurangi pengeluaran rumah tangga. 

Baca juga: 5 Macam-Macam Tandon Air dan Harganya

Gunakan Tandon Air Anti Bakteri untuk Kualitas Air yang Lebih Bersih

tangki-seri-anti-bakteri

Lucky Polytank menyediakan tangki air anti bakteri yang bisa kamu gunakan dan hadir dengan beragam ukuran dengan sejumlah keunggulan yang patut kamu pertimbangkan, di antaranya:

1. Teknologi Anti Bakteri

Salah satu keunggulan utama tandon air Lucky Polytank adalah adopsi teknologi anti bakteri yang telah teruji. Tangki ini dibekali dengan teknologi Sanitized® yang efektif dalam memberantas 99,99% bakteri penyebab penyakit umum yang sering ditemukan dalam air dan tangki.

2. Produk Berstandar SNI

Lucky Polytank sangat mengutamakan kualitas produknya, sehingga semua tandon air yang mereka produksi telah memenuhi SNI. Hal ini memberikan jaminan bahwa kamu mendapatkan produk tandon air berkualitas tinggi.

3. Dinding Berlapis

Tandon air Lucky Polytank dilengkapi dengan dinding berlapis yang memberikan ketahanan ekstra terhadap benturan dan kerusakan. Melalui fitur ini, kamu dapat merasa lebih yakin bahwa tandon air akan bertahan lama.

Baca juga: 7 Kelebihan Tandon Air Tanam yang Patut Kamu Pertimbangkan

4. Tahan Lama

Ketahanan adalah salah satu karakteristik yang paling diinginkan dalam sebuah tandon air, dan Lucky Polytank memenuhi harapan ini dengan bahan berkualitas tinggi yang membuat produk mereka tahan lama. Jadi, kamu tidak perlu khawatir mengganti tandon air terlalu sering.

5. Tidak Berlumut & Jamur

Tandon air Lucky Polytank juga dilengkapi dengan teknologi anti lumut dan jamur yang menjaga agar tandon air tetap bersih dan bebas dari masalah kesehatan. Ini adalah investasi untuk masa depan yang lebih sehat bagi kamu dan keluarga.

tangki air Lucky Polytank

6. Penyimpan Air Yang Aman

Keamanan adalah prioritas utama, terutama jika kamu akan menyimpan air untuk keperluan minum. Tandon air Lucky Polytank terbuat dari bahan murni, BPA free sehingga  tidak membahayakan kesehatan, sehingga kamu bisa lebih yakin bahwa air yang dikonsumsi aman.

7. Pilihan Warna

Lucky Polytank tidak hanya memberikan keunggulan dalam hal kualitas dan teknologi, tetapi juga memberikan Lucky People beragam pilihan warna untuk menyesuaikan tandon air dengan desain rumah. Jadi, kamu dapat memiliki tandon air yang tidak hanya fungsional tetapi juga estetis.

Baca juga: Beginilah Cara Menghitung Kapasitas Tangki Air di Rumah

Setelah Lucky People tahu apa saja cara menghemat air bersih di rumah sekaligus manfaatnya untuk lingkungan serta keuangan pribadi, apakah kamu makin yakin akan menggunakan tangki air yang tersedia di Lucky Polytank?

Kelebihan tangki Lucky Polytank bisa menjadi pertimbangan untuk kamu menggunakannya. Yuk, kunjungi Lucky Polytank untuk mendapatkan tangki air anti bakteri yang berkualitas tersebut sekarang juga!

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Picture of Lucky Polytank

Lucky Polytank

Lucky Polytank telah lama dikenal sebagai produsen terkemuka tangki air berkualitas di Indonesia. Dengan komitmen terhadap inovasi dan standar kualitas yang tinggi, Lucky Polytank terus menghadirkan solusi tangki air terbaik yang memenuhi kebutuhan rumah tangga dan komersial dengan sempurna.

Scroll to Top