Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

3 Cara Pasang Tandon Air Tanpa Pompa Agar Alirannya Deras

Cara Pasang Tandon Air Tanpa Pompa

Table of Contents

Lucky People, apakah kamu sudah pernah mendengar tentang tandon air tanpa pompa? Ingin memasang tandon air baru di rumah tanpa menggunakan pompa air? Baca artikel ini untuk mengetahui cara pasang tandon air tanpa pompa dengan mudah agar aliran airnya deras.

Tandon air tanpa pompa sering digunakan di daerah yang tidak memiliki pasokan air yang stabil atau memiliki kendala teknis atau ekonomis untuk memasang sistem air bertekanan.

Pengguna harus secara manual mengambil air dari tandon ini dan memindahkannya ke tempat-tempat yang membutuhkan, seperti dalam kegiatan memasak, mandi, atau keperluan sehari-hari lainnya.

Cara Pasang Tandon Air Tanpa Pompa agar Air Deras

Ada beberapa trik yang dapat kamu lakukan jika ingin memaksimalkan aliran air lebih deras meskipun tanpa menggunakan pompa air.

1. Atur Ketinggian Toren Air

Ketinggian Toren Air

Tips pertama adalah pasang tandon air pada tempat yang lebih tinggi dari keran atau area yang membutuhkan air. Semakin tinggi posisinya, semakin besar tekanan gravitasi yang akan dihasilkan, yang pada gilirannya akan meningkatkan aliran air.

Sebagai ilustrasi perbandingan, jika kamu menggunakan shower, maka setidaknya ketinggian toren sekitar 7 meter dari titik shower. Apabila kamu hanya menggunakan kran air saja, maka ketinggian tandon minimal 3 meter dari titik keran.

Baca juga: 5 Cara Membuat Tower Tandon Air yang Kokoh

2. Gunaan Ukuran Pipa yang Lebih Besar

Pipa Pvc: Fungsi dan Kelebihannya yang Dapat Diandalkan

Gunakan pipa PVC dengan diameter yang lebih besar untuk menghubungkan tandon air dengan keran atau saluran air. Pipa yang lebih besar akan mengurangi gesekan dan meningkatkan aliran air.

Pastikan saluran air dalam keadaan bersih dan bebas dari penyumbatan. Penyumbatan atau kerusakan pada saluran air dapat menghambat aliran air dan mengurangi tekanan.

Baca juga: 3 Merk Pipa PVC Terbaik Beserta Ukurannya

3. Perhatikan Kapasitas Tandon Air

Ukuran tandon air juga mempengaruhi seberapa deras aliran air meskipun tanpa pompa. Semakin besar ukuran tangki air, maka semakin banyak air yang tersedia untuk digunakan, yang pada gilirannya dapat memberi tekanan air dan mempengaruhi aliran air yang keluar.

Selain itu, dengan tangki air yang lebih besar, kemungkinan adanya fluktuasi atau perubahan besar dalam aliran air menjadi lebih kecil. Ini karena tangki air yang lebih besar memiliki cadangan air yang lebih besar untuk digunakan, sehingga dapat memberikan aliran air yang lebih konsisten.

Dengan memadukan ketiga tips tersebut di atas, kamu dapat menghasilkan aliran air yang lebih deras meski tidak menggunakan mesin pompa air.

Toren air Lucky Polytank

Tips Menghubungkan Pipa Tandon Air ke Beberapa Titik

Jika kamu telah memahami tips instalasi toren air tanpa pompa, berikut ini beberapa langkah untuk menyambungkan aliran air dari toren ke beberapa titik lokasi penggunaan air.

1. Pemasangan Pipa Penghubung dari Tandon Air ke Toilet

Pasang pipa penghubung dari tandon air ke toilet. Pastikan pipa tersebut terhubung dengan baik dan tidak bocor. Pipa ini berfungsi untuk mengalirkan air dari tandon ke toilet.

2. Pemasangan Pipa Penghubung dari Tandon Air ke Shower

Pasang pipa penghubung dari tandon air ke shower. Pastikan pipa tersebut terhubung dengan baik dan tidak bocor. Pipa ini berfungsi untuk mengalirkan air dari tandon ke shower.

3. Pemasangan Pipa Penghubung dari Tandon Air ke Mesin Cuci

Pasang pipa penghubung dari tandon air ke mesin cuci. Pastikan pipa tersebut terhubung dengan baik dan tidak bocor. Pipa ini berfungsi untuk mengalirkan air dari tandon ke mesin cuci.

Baca juga: Cara Menghitung Kapasitas Tangki Air Sesuai Kebutuhan di Rumah

Gunakan Tandon Air Anti Bakteri Lucky Polytank untuk Aliran Air yang Lebih Optimal

Setelah memahami proses pemasangan tandon air yang tepat tanpa pompa dan segera ingin memasangnya di rumah, jadikan Tandon Air Anti Bakteri dari Lucky Polytank sebagai pilihan kamu.

Lucky Polytank hadir untuk kamu dan keluarga yang sedang mencari tandon air anti bakteri yang kebersihan serta kualitasnya terjamin tinggi. Lucky People tidak perlu ragu dan khawatir lagi untuk mempercayakan Lucky Polytank dalam memilih tandon air yang bagus.

Lucky peopletidak hanya mendapatkan tandon berkualitas tinggi, tetapi juga berbagai ukuran yang sesuai dengan kebutuhanmu dan harga yang kompetitif. Yuk tetap jaga pasokan air rumahmu dengan tandon air berkualitas dari Lucky Polytank !

Jadi tunggu apa  lagi? Yuk,  segera kunjungi Lucky Polytank atau kamu bisa hubungi Minky sekarang juga!

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Scroll to Top