Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

8 Cara Mengatasi Toilet Duduk Bocor dan Faktor Penyebabnya

Cara Mengatasi Toilet Duduk Bocor

Table of Contents

Apakah kamu mengalami masalah dengan toilet duduk yang bocor di rumah? Tenang, kamu tidak sendirian. Toilet yang bocor bisa menjadi masalah yang umum terjadi dan juga dapat menyebabkan pembengkakan tagihan air yang tidak perlu. Namun, ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk mengatasi masalah ini. Mari telusuri beberapa cara mengatasi toilet duduk bocor secara efektif dan efisien pada penjelasan di bawah ini.

5 Penyebab Umum Toilet Duduk Bocor

Ketika toilet duduk di rumah bocor, beberapa penyebab mendasar mungkin perlu diperiksa. Memahami apa yang menyebabkan masalah ini menjadi penting agar kamu bisa memperbaikinya dengan tepat. Berikut beberapa penyebab umum dari toilet duduk yang bocor:

Baca juga: 3 Cara Kerja Septic Tank Biofilter dan Tips Perawatannya

1. Seal Karet Rusak

Salah satu penyebab umum dari toilet duduk yang bocor adalah kerusakan pada seal karet di dasar tangki toilet. Seal ini berfungsi untuk mencegah air dari tangki toilet bocor ke dalam mangkuk. Jika seal karet rusak atau aus, air bisa terus bocor dan mengisi mangkuk, sehingga menyebabkan toilet tidak berhenti mengisi air.

2. Flapper Tidak Berfungsi

Flapper adalah bagian karet di dalam tangki toilet yang mengatur aliran air ke dalam mangkuk saat flush. Jika flapper tidak berfungsi dengan baik, misalnya terlalu longgar atau rusak, itu bisa menyebabkan air terus menerus mengalir ke dalam mangkuk, dan menyebabkan toilet bocor.

3. Float yang Tidak Berfungsi

Float merupakan bagian dalam tangki toilet yang mengatur tingkat air di dalam tangki. Jika float tidak berfungsi dengan benar, mungkin terlalu tinggi atau terlalu rendah, yang dapat menyebabkan toilet mengisi terlalu penuh atau terlalu sedikit air setelah flush. Ini bisa menjadi penyebab toilet duduk bocor.

4. Kerak atau Kotoran di Valve

Kerak atau kotoran yang menumpuk di sekitar valve di dalam tangki toilet dapat mengganggu aliran air yang tepat. Hal ini dapat menyebabkan air terus menerus mengalir ke dalam tangki bahkan ketika tidak sedang digunakan, yang akhirnya menyebabkan toilet bocor.

5. Koneksi yang Longgar atau Rusak

Koneksi antara tangki toilet dan pipa pemasok air juga dapat menjadi penyebab toilet duduk yang bocor. Jika koneksi ini longgar atau rusak, air dapat terus bocor, bahkan setelah flush selesai. Memeriksa koneksi dan memastikan koneksi aman dan rapat menjadi langkah penting untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga: 5 Ciri Septic Tank Penuh dan Tips Perawatan yang Tepat

8 Cara Mengatasi Toilet Duduk Bocor

Ketika kamu menghadapi masalah toilet duduk yang bocor di rumah, langkah-langkah yang tepat diperlukan untuk memperbaikinya. Berikut cara mengatasi toilet duduk yang bocor yang bisa kamu lakukan:

1. Matikan Suplai Air

Matikan suplai air ke toilet. Temukan katup air di dinding belakang atau samping toilet dan putar searah jarum jam untuk menutupnya. Pastikan air benar-benar berhenti mengalir ke dalam tangki toilet sebelum melanjutkan perbaikan.

2. Kosongkan Tangki

Setelah mematikan suplai air, kosongkan tangki toilet dengan menarik tuas flush. Biarkan air mengalir hingga tangki benar-benar kosong. Ini akan memudahkan akses ke komponen dalam tangki untuk diperbaiki.

3. Periksa dan Ganti Seal Karet

Periksa seal karet di dasar tangki toilet. Jika seal karet terlihat aus, rusak, atau tidak dalam kondisi baik, maka perlu diganti. Matikan air ke toilet dan kosongkan tangki untuk memulai proses penggantian. Lepaskan tangki dari toilet dan ganti seal karet yang rusak dengan yang baru. Pastikan seal karet terpasang dengan rapat untuk mencegah kebocoran.

4. Periksa dan Bersihkan Flapper

Flapper menjadi bagian penting di dalam tangki toilet yang mengatur aliran air ke dalam mangkuk saat flush. Periksa flapper untuk memastikan tidak ada kerusakan atau keausan yang menyebabkan kebocoran air. Jika diperlukan, bersihkan flapper dari kotoran atau kerak yang menempel menggunakan air bersih dan sikat lembut. Jika flapper rusak, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: 4 Penyebab Septic Tank Meledak yang Sering Diabaikan!

5. Atur Ulang Float

Float adalah bagian yang mengatur tingkat air di dalam tangki toilet. Pastikan float terletak pada posisi yang benar dan tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika float terlalu tinggi, itu dapat menyebabkan toilet mengisi terlalu penuh dan bocor. Jika terlalu rendah, toilet mungkin tidak mengisi air dengan cukup setelah flush. Sesuaikan float sesuai kebutuhan untuk mengatasi masalah ini.

6. Bersihkan Valve

Valve di dalam tangki toilet dapat menjadi kotor atau tertutup oleh kerak dari air yang mengalir. Matikan air ke toilet dan bersihkan valve dengan hati-hati untuk menghilangkan kotoran atau kerak yang menempel. Gunakan air bersih dan sikat lembut untuk membersihkan valve dengan lembut. Setelah bersih, pastikan valve berfungsi dengan baik dan tidak ada kebocoran yang terjadi.

tandon air anti bakteri Lucky Polytank

7. Periksa dan Perbaiki Koneksi

Periksa koneksi antara tangki toilet dan pipa pemasok air. Pastikan koneksi tersebut rapat dan tidak ada kebocoran yang terjadi di sekitarnya. Jika diperlukan, perbaiki atau ganti koneksi yang rusak atau longgar untuk mencegah kebocoran air pada masa depan. Dengan memperbaiki koneksi yang tidak baik, kamu dapat mengatasi toilet duduk yang bocor secara efektif.

8. Cek Ulang Toilet Duduk

Setelah melakukan semua tahapan di atas untuk mengatasi toilet duduk yang bocor, penting untuk melakukan cek ulang secara menyeluruh. Pastikan semua komponen telah dipasang kembali dengan benar dan rapat, termasuk seal karet, flapper, dan float. 

Kemudian hidupkan kembali suplai air dan biarkan tangki toilet mengisi. Amati dengan teliti apakah ada kebocoran yang masih terjadi baik di dalam maupun di sekitar toilet. 

Jika tidak ada kebocoran yang terdeteksi, coba flush toilet beberapa kali untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Jika masih ada masalah, periksa kembali setiap tahapan dan pastikan tidak ada yang terlewat. 

Bagaimana, cara mengatasi toilet duduk bocor ini sudah kamu praktekkan di rumah? Pastikan untuk melakukan pemeliharaan rutin dan memeriksa kondisi toilet secara berkala untuk mencegah terjadinya masalah serupa pada masa depan. 

Jika kamu membutuhkan pipa PVC berkualitas untuk kebutuhan perbaikan atau instalasi pipa di rumahmu, pertimbangkan untuk memilih produk dari Lucky Polytank. Dikenal dengan kualitasnya yang tepercaya dan ketahanan yang baik, pipa PVC dari Lucky Polytank dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memastikan sistem pipa rumahmu berfungsi dengan baik dan tahan lama. Jangan ragu mengunjungi Lucky Polytank untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk sekarang juga!

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Scroll to Top