Whatsapp Chat
Kirim pesan sekarang dan kami akan segera menghubungi Anda.
Search
Close this search box.

Cara Memasang Tandon Air yang Tepat agar Aliran Airnya Lancar

cara memasang tandon air

Table of Contents

Memasang tandon atau toren air tidak boleh asal pasang sebab bisa saja akan berefek pada penurunan kualitas toren air Lucky People atau beberapa fiturnya tidak berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu, penting untuk kamu mengetahui cara memasang tandon air yang benar.

Lalu seperti apa langkah-langkahnya? Apa saja yang mesti dipersiapkan? berikut ulasan lengkapnya. Baca hingga tuntas yah.

Cara Memasang Tandon Air yang Benar

Berikut adalah langkah-langkah pemasangan tangki air yang dapat kamu ikuti agar hasilnya sesuai yang diharapkan.

1. Pemasangan Dasar Tandon Air

Langkah pertama adalah meletakkan tandon air di lokasi yang telah kamu pilih, seperti di atap rumah, ataupun menggunakan tower. Pastikan permukaan di bawah tandon air itu rata dan kuat. Apabila kamu menggunakan tangki air tanam, maka penggalian tanah yang proporsional diperlukan.

Kemudian pasanglah alas tangki air yang sesuai di bawah tandon air untuk mencegah kerusakan pada lantai dan pastikan bersih dari benda-benda tajam seperti kerikil untuk menghindari kebocoran. Contoh bahan yang bisa kamu gunakan yaitu papan kayu, stainless steel , dan beton.

Baca juga: 5 Cara Membuat Tower Tandon Air dari Awal hingga Selesai

2. Sambungkan Saluran Air

Sambungkan saluran air dari sumber air (seperti pompa atau keran) ke tandon air. Pastikan bahwa semua sambungan diikat dengan erat dan aman. Kualitas sambungan ini sangat penting untuk mencegah kebocoran dan masalah serupa.

3. Pasang Filter dan Penjernih Air

Jika diperlukan, kamu dapat memasang filter atau alat penjernih air sesuai dengan petunjuk produsen. Ini akan membantu menjaga kualitas air dalam tandon. Namun apabila kualitas air di rumah kamu sudah bersih dan jernih, maka hal ini tidak perlu.

4. Pemasangan Overflow dan Ventilasi

Tandon air harus dilengkapi dengan sistem overflow untuk mencegah tandon terlalu penuh dan mencegah rembesan. Selain itu, pastikan kamu memasang pipa ventilasi yang berguna untuk mengatur sirkulasi udara keluar-masuk dan mengurangi tekanan udara pada tangki air.

5. Memasang Pelampung otomatis

Sebenarnya pelampung otomatis tidak harus dilakukan. Tetapi, jika kamu tidak ingin repot mengisi secara manual, maka disarankan memasang pelampung otomatis di tandon air.

Alat ini berfungsi sebagai pengontrol volume air. Jadi saat air dalam tandon habis atau kurang dari rata-rata yang telah ditetapkan (water level), pelampung otomatis akan bekerja mengkode pompa air untuk mengisi air kembali ke dalam tandon. Lalu jika penuh, pelampung otomatis akan memberhentikan pengisian air dalam tandon

6. Tes Pemasangan

Setelah semua komponen dipasang, isi tandon air dengan air bersih dan uji sistem secara menyeluruh. Pastikan tidak ada kebocoran, semua sambungan berfungsi dengan baik, dan sistem mengisi dan mengeluarkan air dengan lancar.

Baca juga: Cara Pasang Tandon Air Tanpa Pompa Agar Alirannya Deras

Persiapan Sebelum Memasang Tandon Air

Setelah mengetahui beberapa langkah pemasangan tandon air di atas, berikutnya adalah menyiapkan berbagai alat dan bahan serta hal-hal lain yang diperlukan. Berikut langkah-langkah persiapan yang perlu kamu ikuti.

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi tandon air menjadi langkah pertama yang krusial. Pastikan untuk memilih lokasi yang dekat dengan sumber air, seperti sumur atau keran sehingga tandon dapat diisi dengan mudah.

Apabila kamu ingin menggunakan tower, pastikan memiliki fondasi yang kuat dan rata untuk mendukung bobot tandon ketika terisi penuh. Selain itu, estimasi ketinggian posisi penempatan tangki air yang proporsional karena semakin tinggi posisinya, maka semburan air yang dihasilkan akan lebih besar.

2. Hitung Kapasitas Tandon Air yang Dibutuhkan

Sebelum membeli tandon air, penting untuk menghitung kapasitas air yang dibutuhkan. Ini melibatkan perkiraan konsumsi air harian, jumlah penghuni di rumah, dan kebutuhan khusus, seperti keperluan dalam situasi darurat.

Menghitung kapasitas air sesuai dengan kebutuhan yang tepat akan membantu kamu memutuskan pembelian ukuran tandon air yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Pilih Tandon Air yang Tepat

Tidak semua tandon air dibuat sama. Pastikan untuk memilih tandon air berkualitas yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tandon air anti bakteri, seperti yang ditawarkan oleh Lucky Polytank, adalah pilihan yang baik untuk menjaga kebersihan dan kualitas air yang disimpan.

Baca juga: 5 Macam-Macam Tandon Air dan Harganya, Mana Pilihanmu?

4. Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pemasangan toren air, pastikan semua alat dan bahan yang diperlukan telah disiapkan. Berikut beberapa alat dan bahan yang umumnya digunakan:

  • Alat ukur meteran: Digunakan untuk mengukur dimensi lubang dan memastikan tandon atau tangki air ditempatkan secara tepat.
  • Alat pemasangan pipa: Termasuk gunting pipa, obeng, dan sock reducer untuk sambungan pipa (diperlukan bila ukuran instalasi pipa berbeda)
  • Material perekat atau segel: Digunakan untuk menutup sambungan pipa agar kedap air dan mencegah kebocoran.

Perlu dicatat bahwa pemasangan tangki air di atas tower dan ditanam tentunya membutuhkan alat dan bahan tambahan yang berbeda. Oleh karena itu penting menyesuaikan kebutuhan kamu.

5. Periksa Kualitas Air

Sebelum mengisi tandon air, pastikan bahwa air yang akan disimpan dalam tandon itu sendiri sudah bersih dan bebas dari kontaminasi. Jika kamu masih ragu, tidak ada salahnya menggunakan filter atau alat penjernih air untuk memastikan kualitas air yang disimpan baik.

Baca juga: 9 Cara Menjaga Kualitas Air di Lingkungan Rumah

Gunakan Wadah Penyimpanan Air dengan Tandon Air Anti Bakteri Lucky Polytank

tangki-seri-anti-bakteri

Pemasangan tandon air untuk memastikan persediaan air di rumah memang merupakan cara paling efektif untuk dilakukan. Namun pemasangannya tidak bisa dilakukan sembarangan. Apabila Lucky People tidak tahu cara memasang tandon air dengan benar maka masalah besar bisa muncul pada masa depan yang mengakibatkan kerugian berkepanjangan. 

Tandon air yang Anda pilih untuk menyimpan air di rumah pun tidak bisa sembarangan. Apabila kualitasnya buruk maka pemakaian tandon bisa sangat merugikan. Itu sebabnya Lucky People harus memilih tandon air yang tepat. Tandon air anti bakteri dari Lucky Polytank bisa dijadikan alternatif yang tepat. 

tangki air Lucky Polytank

Dirancang dengan kualitas terbaik dan aman membuat tandon air dari Lucky Polytank jadi salah satu pilihan masyarakat yang ingin memiliki pasokan air bersih sepanjang musim. Melalui pemakaian tandon air anti bakteri dari Lucky Polytank maka kamu bisa dengan tenang melakukan penyimpanan air yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Jangan ragu untuk menghubungi Lucky Polytank atau mencari saran dari ahli tandon air jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut. Mulailah hidup berkelanjutan yang efektif dengan penyimpanan dalam tandon air berkualitas hanya dari Lucky Polytank!

Facebook
X
LinkedIn
Telegram
Picture of Lucky Polytank

Lucky Polytank

Lucky Polytank telah lama dikenal sebagai produsen terkemuka tangki air berkualitas di Indonesia. Dengan komitmen terhadap inovasi dan standar kualitas yang tinggi, Lucky Polytank terus menghadirkan solusi tangki air terbaik yang memenuhi kebutuhan rumah tangga dan komersial dengan sempurna.

Scroll to Top